MY DAILY ROUTINE PRODUCTS IN NETHERLANDS

March 01, 2021


Alkisah, di suatu malam menjelang tidur, rutinitas kami sudah pasti adalah gosok gigi. Saat itu pula, ketika liat produk pasta gigi bermerek Elmex di hadapanku, langsung kepikiran "mau nulis blog tentang produk-produk harian yang aku pakai di Belanda ah!". Iya memang sungguh random inspirasi itu datangnya dari mana, sekaligus seneng akhirnya dapet tema untuk tulisan pertama aku di tahun 2021 ini.

Desclaimer: Produk-produk yang aku tampilkan belum tentu semuanya produk asli dari Belanda ya. Bisa jadi beberapa adalah produk impor. Aku ga riset ya hihii, cuma pengen ngasih liat aja ke kalian seperti apa produk-produk yang dijual di sini.

Let's get started!

SABUN MANDI

Kita mulai dari produk paling krusial ya. Yups, sabun mandi! Dari dulu ga pernah ada masalah sih sama sabun mandi. Mau pake produk apapun ya cocok-cocok aja. Tapi, yang terpenting buat aku itu wanginya. Aku ga terlalu suka yang wanginya bunga menyengat gitu guys. Lebih suka wangi-wangi segeeeerrr (ga bisa dideskripsikan sih kayak apa hihii). Nah, waktu sampai di Belanda itu, kebetulan suami aku udah pake produk merek Sanicur. Wah, aku langsung cocok sama wanginya yang segeeerrr kayak yang aku suka. Kemasannya gede 1 liter, kalo dipake sendiri itu baru abis setahun kayak suami aku. Jadi, pas aku nyusul ke Belanda tinggal sisa dikit :D. Sebenarnya ada kemasan 500 ml, cuma kebanyakan di Belanda itu produknya dalam kemasan jumbo (bisa lebih hemat juga). Oia, harga 1 liternya itu kalo ga salah €2,88 tegantung tokonya (ada juga yang €3 ke atas). Varian awal yang aku pakai itu yang sensitif warna orange. Pas pembelian ke dua, aku beli yang warna merah karena warna orange lagi abis.

Sanicur Shower Cream

SAMPO

Lanjut ke sampo ya!
Ini yang agak susak nyari yang cocok. Waktu di Indonesia itu aku pakai Head & Shoulders varian Supreme with Argan Oil. Udah paling cocok deh karena mengurangi rontok. Nah, pas nyampe Belanda, kebetulan suami aku lagi pake produknya salah satu supermarket di sini, yaitu Jumbo (seperti yang di gambar ya, tapi yang aku pakai varian warna ungu yang kebetulan ga nemu gambarnya). Harganya sekitar €2,58.

Sampo merek Jumbo (Sumber: jumbo.com)

Nah, karena ga cocok dan bikin rontok parah dan keset, jadinya aku coba-coba ganti ke merek Garnier Loving Blends (pertimbangannya nyari yang murah hihii). Aku pilih varian honey biar lebih lembut, harganya sekitar €4,25 tergantung tokonya. Eh tapi, masalah rontok masih belum teratasi.

Sampo Garnier Loving Blends (Sumber: jumbo.com)

Akhirnya aku nyerah, kembali ke Head & Shoulders aja lagi deh! Laaah baru nyadar ternyata di sini juga ada varian Argan Oil hihii. Soalnya waktu awal-awal nyari sampo itu ga ada varian ini guys.

Aku beli di Etos dengan harga €5,55 untuk 250 ml. Pas bayar di kasir, katanya beli 1 gratis 1, yesss bisa hemat (walaupun memang sebenarnya harga satuannya emang sekitar €2 sampe €3 ya). Pas udah abis dua botol, aku beli lagi, tapi promo 1 gratis 1 nya udah ga ada. Malah promonya diganti jadi beli 4 untuk €10. Sama ajaaaaa ahahaha, tapi ya ngapain juga aku nyetok sekaligus banyak. Jadinya gapapa deh agak rugi karena cuma butuh 1 :D.

Head & Shoulders Supreme Argan Oil

Nah, kalo ini samponya Latoe. Cari aman pake merek yang juga dipake di Indonesia. Yups, Zwitsal! Biar hemat, pake varian 2 in 1, sabun mandi dan sampo dalam 1 kemasan hihii. Harganya kalo liat di web sih sekitar €3,95 untuk 400 ml. Tapi, Latoe juga punya hibahan sampo dari penghuni sebelumnya dengan kemasan lebih kecil. Kalo diliat di web harganya sekitar €2,38.

Zwitsal 

SKINCARE

Cewe-cewe ga mungkin skip yang satu ini ya hihii. Sebenarnya aku bukan skincare freak guys, asal ada sabun pencuci muka, pelembab, dan sedikit essence/serum sebenarnya udah cukup buat aku. Apalagi harga skincare di Belanda ini mahaaaaal banget! Seperti biasa, ketika skincare bawaan dari Indonesia udah pada habis, yang pertama aku cari adalah produk yang murah :D.


Pencuci Muka
Percaya ga percaya, ternyata produk yang kita pakai di Indonesia itu bisa jadi ga cocok untuk dipakai di negara 4 musim. Ini terjadi pada muka aku yang notabene tipe berminyak parah (udah kayak kilang minyak bahkan wkwkw), tapi di sini berubah jadi kering. Alhasil, sabun cuci muka yang biasa aku pakai di Indonesia jadi bikin muka perih karena kulit aku pun berubah jadi sensitif. Di satu sisi seneng karena no more minyak berlebih di kulit aku, tapi di sisi lain malah lebih rempong sama kulit kering nan sensitif ini. Sekarang jadi bersyukur banget aku dikasih kulit berminyak (kan katanya lebih awet muda hihii). Awalnya aku nyoba beli produk pembersih mukanya Etos seharga €1,99 untuk 150 ml. Muraaaah kan? Produk terkenal lainnya bisa €10 lebih guys, ga kuat aku hihii. Untuknya produk etos ini langsung cocok di kulit aku, ga bikin kering dan teksturnya lembut.

Etos Face Wash (Sumber: etos.nl)

Pas udah abis, aku nyoba produk lainnya yang sama-sama murah di toko lain, yaitu Kruidvat. Drugstore sekaligus toko segala ada ini termasuk toko favorit orang Belanda. Aku nyobain produk Kruidvat Face Wash untuk kulit sensitif berwarna pink. Harganya murceeeee guys, cuma sekitar €1,39 untuk 150 ml. Untungnya walopun murah, cocok-cocok aja di aku (agak muka badak juga sebenarnya muka aku ini, kebanyakan produk cocok daripada ga cocoknya hihiii). Positifnya lagi, produk ini Vegan dari bahan-bahan alami :).

Kruidvat Face Wash

Skin Booster
Sebenarnya aku butuh essence sebagai ganti Natur-e Advanced Skin Balancer aku yang habis. Tapi, ga dapet-dapet. Akhirnya setelah beberapa lama, aku nemu skin booster murah merek Kruidvat. Harganya murah dibandingkan merek lain yang sejenis, yaitu sekitar €4,99 untuk 30 ml. Karena aku sering banget pakai ini tiap abis muka aku kena air, jadinya boros hihii. Ini aja udah pembelian ke-dua aku. Tapi, memang aku cocok pake booster ini. Apalagi mengandung Q10 yang populer banget di sini sebagai anti-aging. Di Indonesia kayak belom denger ada produk dengan formula Q10 ya? Malah happening-nya retinol, AHA-BHA, hyaluron, dll yang aku pun emang ga ngerti-ngerti amat masalah skincare. Yang penting murah dan cocok, hajar aja lah aku mah :D.

Kruidvat Q10 Booster Drops

Face Oil
Nah ini dia yang wajib dipakai di negara 4 musim menurut aku guys! Holly grail bangeeet! Yeesss, face oil! Kalo di Indonesia pakainya tiap mau tidur aja (karena pasti tambah muka berminyak), kalo di Belanda itu pakainya sama kayak booster: Tiap abis muka kena air (entah itu abis cuci muka atau cuma abis wudhu). Waktu awal-awal autumn pas muka aku berubah jadi sensitif dan kering, ternyata suami punya serum yang jarang dipake. Pas diliat, eh ternyata mereknya The Ordinary. Dalam hati aku bilang, "kok suami aku bisa-bisanya punya kayak ginian, harganya juga kan lumayan ahahaha". Ternyata suami aku random beli online waktu punya masalah jerawat ato bruntusan parah selama tinggal di sini. Katanya ampuh banget pake The Ordinary itu. Akhirnya aku pake dan emang beneran ampuh banget loh ngilangin bruntusan akibat kulit kering di muka aku. Ga heran sih, soalnya serum ini mengandung retinol ternyata. Saking seringnya dipake, menjelang winter udah abis ahahaha. Oia, berdasarkan hasil googling sih harganya sekitar €6,70 untuk 30 ml.

The Ordinary (Sumber: douglas.nl)

Harus nyari face oil lagi donk yang harganya terjangkau setelah The Ordinary habis. Akhirnya aku nyobain produk Kruidvat lagi (karena merek drugstore itu lebih murah dan untungnya bagus). Aku beli Kruidvat Originals Almond Huidolie dengan harga €2,49. Cocok sih, ga ada keluhan, tapi tetep The Ordinary sih juaranya.

Kruidvat Originals Almond Huidolie

Pore Strips
Biore Pore Pack andalanku di sini harganya mahal banget! Untuk 6 strips aja harganya €7,39 untuk varian charcoal (belinya di Etos). Dulu pernah beli sekali aja soalnya ga yakin merek lain bakalan sebagus Biore daya angkat komedonya. 

Biore Pore Strips Charcoal (Sumber: etos.nl)

Setelah habis, akhirnya aku nyoba melipir ke merek lainnya. Teteeep donk mereknya Kruidvat yang murah meriah ituuu ahahaha. Aku beli Kruidvat Originals Charcoal Nose Strips. Harganya €2,29 untuk 8 strips. Daya angkat komedonya memang ga sedahsyat Biore, tapi kalo pakenya bener, komedo keangkat semua kok. Lumayan worth it sesuai budget kita yes.

Kruidvat Originals Charcoal Nose Strips

Face Mask
Aku termasuk yang jarang maskeran. Tapi, berhubung sekarang jadi ibu rumah tangga full selama di Belanda, ga ada salahnya lebih merawat muka yang "karadakan" ini wkwkwk. Awalnya sih pake sheet mask macam yang punyanya Garnier, sampai merek-merek peel-off mask yang ada di Hema (kemasannya lucu-lucu, ga heran ternyata itu produk korea ahahaha). Rata-rata harga sheet mask dan peel-off mask di sini itu antara €2 sampai €3 bahkan lebih tergantung merek dan tokonya. Dipikir-pikir boros ya. Akhirnya aku hunting di toko Holland & Barret yang suka banyak diskonnya. Sampailah aku di produk Dr. Organic yang lagi diskon! Cuma satu varian masker Dr. Organic yang lagi diskon sekitar 30%-40% saat itu. Yaitu, Dr. Organic Virgin Olive Oil Face Mask. Harga aslinya itu sekitar €9,99, tapi waktu itu aku cuma dapet seharga €4 atau €5 untuk 125 ml. Isinya banyak dan padet, kayaknya bakalan lama abisnya. Pas pertama dipakai sih cekat-cekit ya, soalnya muka aku lagi perih dulu itu. Tapi, pemakaian ke-dua dan seterusnya aman-aman aja, cocok. Abis dibersihin itu muka lembut banget :).

Dr. Organic Face Mask

Lotion
Aku ga beli lotion, soalnya suami udah punya hihii. Aku pakai merek Neutral varian Sensitive Skin dengan 0% pewarna dan parfum. Harganya sih yang aku googling sekitar €2,99 untuk 250 ml. Ga abis-abis sampai sekarang ahahaha.

Neutral Body Lotion

Nah kalo buat Latoe, aku pakein lotion merek Zwitsal seperti gambar di bawah ya. Dulu aku belinya di toko Action yang produk-produknya tuh kadang lebih murah dari toko lainnya. Lotion Zwitsal ini aku beli seharga 
€1,99 untuk 200 ml.

Zwitsal Body Lotion

Eye Cream
Nah kalo ini baru aku beli sekitar sebulanan lalu guys :). Nyoba-nyoba aja sih, eh ternyata dapet yang murah. Lagi-lagi aku pake produknya Kruidvat Q10+Vitamin C Eye Cream. Harganya sekitar €3,49 untuk 15 ml. Sebenarnya ada dua varian, untuk usia 25+ dan 35+. Dikarenakan aku belum berusia 35 dan udah jauh dari 25 juga ahahaha jadi aku tetep pilih yang 25+ aja.

Kruidvat Q10 Eye Cream

PARFUM

Mon maap aku bukan pecinta parfum. Jaraaaang banget aku pake ginian. Gara-garanya aku tuh dulu pernah suka sama wangi parfumnya Zwitsal karena enak banget. Di Indonesia sempet beli kemasan kecilnya. Eh lama-lama, aku baru tau kalau produk aslinya itu cuma ada di Eropa. Nah, aku penasaran pengen beli di Etos harganya €13,99. Mehong ya sist ahahah. Tapi, awet banget! Aku emang jarang pakenya.

Eu de Zwitsal

PASTA GIGI

Seperti yang udah diceritakan di awal, aku pakai pasta gigi merek Elmex varian Anti-Caries. Begitu pun Latoe, dia pakai Elmex khusus buat anak 0-5 tahun. So far cocok-cocok aja, cuma pernah sekali ganti varian, eh suami aku sariawan mulu. Entah kebetulan apa ngga, ga tau juga sih :D.

Pasta Gigi Elmex

SABUN CUCI TANGAN

Kami pakai produknya Action, ga tau apa mereknya, pokoknya ini murah banget. Kalo ga salah untuk 1 liternya itu seharga €1,89 (nanti dipastikan lagi). Biasanya aku taruh di sink cuci piring. 

Action Hand Wash

Untuk produk cuci tangan lainnya (yang aku taruh di wastafel kamar mandi) yaitu Cien Hand Wash varian Milk and Honey. Harganya kalo ga salah sekitar €0,79 deh, lebih mahal dikit dari kemasan sebelumnya yang harganya €0,49 untuk 500 ml. Kenapa? Soalnya yang aku baca di kemasan barunya ini terbuat dari 75% recycle material. Ga tau sih ngaruh apa ngga hihii.

Cien Hand Wash

SABUN CUCI PIRING

Lumayan sering gonta-ganti produk untuk sabun pencuci piring ini tergantung belinya di supermarket mana. Dari mulai W5, Dreft, sampai Gwoon yang lagi aku pakai sekarang. Ga ada masalah sama merek-merek ini. Yang jadi masalah adalah kualitas sponge pencuci piring yang dipakai, yang sangat berpengaruh kepada hemat tidaknya produk pencuci yang dipakai (berdasarkan pengalaman sih).

Pencuci Piring merek Gwoon

LAUNDRY

Ada 3 produk yang aku pakai untuk urusan laundry ini (suka gonta-ganti juga). Untuk pakaian berwarna, aku lagi pakai merek Robijn Wasmiddel Color varian Pink Sensation. Untuk ukuran 3 liter ini yang aku liat di web-nya sih harganya sekitar €30. Emang mahal-mahal guys harga deterjen cair di sini yang pastinya ada harga ada kualitas ya.

Robijn Wasmiddel Color

Untuk pakaian warna putih, aku lagi pakai produk merek Subliem varian Delicate White. Untuk ukuran 1,33 liter ini harganya sekitar €1,99 dan belinya di toko Action yang murah-murah itu :).

Subliem Delicate White

Nah, untuk pelembut pakaian, aku lagi pakai merek Robijn lagi yang varian Lavender. Harga dengan ukran 680 ml ini adalah sekitar €1,99 tergantung tokonya juga ya.

Robijn Pelembut Pakaian

CAIRAN PENCUCI LANTAI

Untuk cairan pencuci lantai kami ga beli, tapi masih ada hibahan dari penghuni rumah sebelumnya. Yang kami pakai adalah merek Ajax varian Mediterranean Flowers berwarna merah. Lumayan wangi kok dan bikin lantai keset.

Ajax Pembersih Lantai

Mungkin segitu dulu ya produk-produk yang sering kami pakai setiap harinya di Belanda. Sebenarnya masih ada beberapa produk lagi sih, tapi ga terlalu essential. Nanti kalo ada yang kelupaan aku update lagi blognya. Anyway, makasih sudah mampir di blog aku. See ya!



You Might Also Like

3 comments

  1. Parfum Switzal yang original masuk juga kok ke Indonesia mba, tapi kalau yang kemasan kecil itu emang gak ori, kalau gak salah yang ori itu 95ml dengan harga 400ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu yg aq beli yg ori buatan sini 95 ml. Yang di Indo kan export dr Eropa makanya lebih mahal.. Harga di sini sekitar €13,99 :)

      Delete
    2. Di-import dr Eropa ke Indo maksudnya wkwkwk

      Delete