Merantau dan Kangen Bandung? Cuanki Bunda Aja..

February 05, 2019

Ada yang belum tau cuanki?
Apa itu cuanki?
Cuan ki? (uang itu?) :D

Yang jelas ini makanan ya.. Blog aku ga bakalan jauh-jauh dari makanan pastinya..
Contoh penampakannya ini..

Cuanki Bunda

Cuanki pula lah yang aku pilih buat jualan. Cuanki Bunda namanya. Loh kok tiba-tiba kepikiran jualan cuanki? Jadi, gini ceritanya.. (Sebenarnya gak panjang-panjang amat).

Bandung, Cimahi, dan sekitarnya udah pasti berseliweran sama mamang cuanki. Jualannya kebanyakan ditanggung (tapi sekarang udah banyak juga yang didorong pake gerobak roda). Kalo kamu googling tentang cuanki itu apa, yang muncul pertama adalah.....

Cuanki on Google
"Cari Uang Jalan Kaki".. Lucu juga ya asal muasal nama cuankinya. Tapi emang mamang cuanki yang sudah ada dari jaman aku kecil dan tiap hari lewat depan rumah (mangkal di dekat rumah tetangga) itu jalan kaki keliling rumah warga dengan menanggung jualannya. Sebut aja "Mang Atrok". Mau orangnya yang mana, tetep dipanggil Atrok :D. Rasanya sama walopun yang jualannya beda, jadi kayak semacam franchise gitu ya. Aku sukaaaa banget sama cuanki si Mang Atrok ini. Apalagi pedesnya banyak dan dikasih cuka. Waaaaah segeeerrr di siang bolong. Oia, cuanki ini berisi siomay, tahu, baso, dan kini banyak banget pilihan topping lainnya.

Beranjak dewasa, Mang Atrok tetap jualan cuanki. Rasanya juga masih tetap sama. Tapi mungkin dari segi kuantitas dan harga disesuaikan dengan inflasi ya :D. Dan makin lama makin ga tiap hari dateng. Di kala lagi pengen banget, Mang Atrok ga dateng. Kalo lagi ga pengen, eh malah dateng. Itu lah biasanya problema mamang cuanki dengan konsumennya :D. 

Kini, bukan hanya jualan ditanggung. Cuanki merambah ke bisnis besar dan namanya makin terkenal di Bandung. Contohnya, Cuanki Serayu dan cuanki-cuanki lainnya. Modif sana-sini biasa lah ya. Belum lagi produk cuanki instan yang bentuknya kayak pop mie (ini juga lah salah satu inspirasiku).

Bervariatif ya cuanki instannya (Sumber google)

Tapi yang sudah jelas, cuanki ini ngangenin. Ngangenin buat orang Bandung yang merantau. Tepat empat tahun lalu merantau ke Jakarta, susah banget nyari cuanki. Pas pulang ke Cimahi juga ga selalu ada mamang cuanki lewat. Untungnya, mamah kadang-kadang nyetok mentahan cuanki yang dia beli beserta bumbunya di rumah. Kapan pun lagi pengen cuanki, ya tinggal masak aja. Surprisingly, rasanya mirip cuanki mamang-mamang yang lewat. Dari situ udah ga wanti-wanti si mamang deh kalo lagi pengen.

Di sisi lain, aku lagi pengen buka usaha kecil-kecilan biar ada tambahan buat tabungan :D (udah lama sih pengen jualan). Beberapa bulan mentok di usaha apa yang bakalan dijalanin. Bingungnya luar biasa! Padahal suami udah ngedesak biar cepetan mulai (ups!). Jualan baju udah pernah dan dari pengalaman uangnya lama muter. Dari situ, mulai berpikir jenis usaha yang gampang balik modal. Terpikirlah usaha kuliner! Karena setiap orang pasti makan tiap hari kan, jadi kalo laku cepet uangnya juga bisa balik dan muter cepet. Tapi kuliner apa? Ini juga masih dalam pemikiran waktu itu (banyak mikirnya ya?). Makanan yang musim hujan maupun musim panas tetap laku, usaha yang makanannya ga cepet basi, gampang dikirim, gampang dimakan, dan enyaaak. Tercetuslah cuanki kemasan! Alasannya karena memang aku suka makan cuanki. Katanya kalo kita ngejalanin usaha yang kita suka, bakalan enjoy ngejalaninnya. Terus, kalo jualannya ga laku kan bisa dimakan sendiri :D.

Cuanki Bunda tanpa label

Eh ternyata masalah ga sampe di situ. Penyajian, konsep, produsen, dll juga harus tetap dipikirkan. Ternyata memang bener kata salah satu e-commerce Indonesia, #MulaiAjaDulu. Kalo ga berani mulai, ya ga akan jalan-jalan usahanya (kayak aku ahahahha kebanyakan mikir). Makanya, aku mulai dari tanpa brand logo, bumbu yang masih ganti-ganti, sampai akhirnya menemukan formula yang pas!

Salah satu bumbu: Chilli flakes dengan irisan daun jeruk nipis

Cuanki Bunda yang diluncurkan tanggal 12 September 2018 adalah cuanki kering berisi siomay dan tahu lengkap dengan bumbunya. Terdiri dari bumbu penyedap rasa kering, cabe kering, dan dua jenis bumbu basah yang dijadikan satu. Belum ada basonya, masih mempertimbangkan keawetannya kalo dikirim jauh. Pokoknya Cuanki Bunda ada buat kamu yang kangen sama cuanki mamang-mamang yang jualannya ditanggung ahahhaha! Karena rasanya semirip itu!

Siomay dan tahu Cuanki Bunda

Cuanki Bunda awalnya dipasarkan dengan menyebar beberapa tester ke teman terdekat. Alhamdulillah mereka suka. Belum genap 3 minggu usaha ini jalan, udah seratusan bungkus lebih yang terjual. Mulai keteteran sih awalnya dengan orderan yang membludak setiap harinya. Tapi sangat-sangat bersyukur. 

Cuanki Bunda yang sudah dimasak

Brand logo dinilai sangat penting. Anaknya ga bisa gambar dan bikin desain, tapi logo harus segera diluncurkan dan dicetak. Akhirnya jadilah logo yang ada sekarang alakadarnya dibikin sendiri :D. Lumayan lah ya daripada ga ada, sambil nyari-nyari orang yang jago desain buatin logonya Cuanki Bunda yang baru (tapi kapan-kapan aja deh ya).

Alakadarnya tapi yang penting punya logo dan label! :D

Yeeaay! Akhirnya punya label juga

Lama-lama juga berpikir mengenai pengembangan usaha. Akhirnya punya kesempatan "menyusup" di kantin kantor aku (Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata). Kerjasama dengan pemilik tenant indomie yang sudah lama ada di kantor pun lancar. Jadi, kalo kamu beli di kantin, sudah dimasakin sama yang punyanya (beli versi kemasannya juga bisa kok). Alhamdulillah, makin lama makin banyak yang kenal dan suka sama Cuanki Bunda. 

Cuanki Bunda di kantin GSP Kemenpar

Cuanki Bunda siap melayani di kala kamu pusing kerjaan :D

Cuanki Bunda, produk sederhana yang dapat mengobati kangen seseorang sama Bandung. Produk yang juga memberi pilihan baru buat kamu yang bukan orang Bandung untuk mengisi hari-harinya yang panas dan dinginnya kala ujan dengan sajian segar nan pedas. Per awal Februari 2019 ini (5 bulan usaha), Cuanki Bunda telah terjual 700++ bungkus! Terima kasih kepada para pelanggan Cuanki Bunda yang setia mendukung usaha kecil-kecilan kami :3

Cuanki Bunda kemasan siap masak

Cuanki Bunda sudah dimasak

Cuanki Bunda siap dikirim ke seluruh Indonesia! Kamu boleh deh intip-intip Instagramnya di sini yaa..

Instagram @cuankibunda

Nantikan kejutan-kejutan lainnya dari Cuanki Bunda ya! Salah satunya ekspansi bersama Go-Food! Kemarin baru selesai tandatangan kontrak elektronik dan semoga cepet bisa ada di Go-Food ya! Aamiin.






#CuankiBunda
#Juwisfoodystuff


You Might Also Like

0 comments