Mom and Son Trip to Belitung

May 20, 2020

This is a story about mom and son trip.. Ya, just two of us, just Bunda and Latoe.

Kenapa bisa ada #MomAndSonTrip ini? Jadi, dulu banget suami pernah bilang buat nyobain trip berdua sama Latoe, giliran, kapan-kapan aja katanya. Dulu sih mikirnya, "Waaaah bakalan rempong!". Sekarang? Ya masih laaaah :D. Secara Latoe anaknya aktif banget! Aku tuh selalu deg-degan kalo berdua sama Latoe, terlebih pas suami harus pergi jauh. Itu artinya, tiap weekend harus berduaan doank sama anak. Tapi, dari situ banyak belajar sabar. Walau kadang masih suka sedikit emosi.

Latoe @Pantai Tanjung Tinggi

FYI, Latoe sekarang udah pinter marah, pinter nyuruh-nyuruh, pinter ngomong juga (kadang bawel) :D. Alhamdulillah, speech delay yang kami takutkan ga terjadi. Latoe lebih sering ngomong Bahasa Indonesia, tapi kalo disuruh sesuatu pake Bahasa Sunda ngerti juga sih dia. Bahasa Jawa? Belum keliatan, soalnya sejak ayahnya berangkat sekolah ke Belanda, yang ngasuh Latoe (yang juga orang Jepara) jarang ngomong Jowo sih :(. Gpp, pelan-pelan kami latih lagi ntar.

Oke, balik lagi ke cerita #MomAndSonTrip..

Setelah beberapa kali trip sama Latoe (nginep di Homestay Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta dan jalan-jalan ke Singapura), tanggal 8 November 2019, akhirnya Belitung lah yang dipilih (asalnya mau ke Surabaya atau Malang). Random aja sih sebenarnya kepikiran mau traveling berdua sama Latoe sebulan sebelumnya dalam rangka perayaan ultah Bunda dan Latoe yang sama-sama di Bulan Oktober. Alhamdulillah, satu per satu keinginan tercapai. Ini juga dalam rangka belajar traveling berdua sama anak sih, sebelum nanti perjalanan jauh yang juga cuma berdua. Trip kali ini mau santei aja karena memang udah pernah ke Belitung sebelumnya tahun 2016 sama suami (bisa dibaca lagi di link ini ya: Deliciously Belitung). Sekarang cuma mau ke pantai dan kulineran aja. Santuy aja gaiiisss, santuyyyy :D.

Intermezzo dulu gais mengingat masa-masa honeymoon di Belitung :D wkwkwk.

Terus, kenapa Belitung (lagi)?

1. Selain dekat dan sekangen itu sama Belitung (sumpah!), juga dari segi lokasi jaraknya paling dekat jika dibandingkan ke Surabaya dan Malang. Itu artinya, meminimalisir drama di pesawat sama Latoe ahahahha.
2. Latoe juga suka banget sama air, jadi kayaknya main di pantai bakalan bikin dia seneng banget!
3. Pengen tau alasan lainnya? Redeem poin Garuda Miles ke Belitung cuma dikit gais! Poin aku dan suami kan ga banyak-banyak banget, jadi cukup loh buat PP ke sana (Latoe udah harus duduk sendiri di pesawat, usianya udah 2 tahun Oktober 2019 kemarin!). Redeem-nya cuma 4.800 poin sekali jalan, jadi total poin yang di-redeem yaitu 19.200 poin (PP untuk berdua). Kami hanya mengeluarkan uang sekitar 300 ribuan untuk tax. Lumayan banget kan? Daripada poin Garuda Milesnya ga kepake dan expired kan, soalnya punya ayahnya juga bakalan mangkrak 2 tahun, begitupun punya aku :D.

HARI KE-1
8 NOVEMBER 2019

Kami berangkat dengan maskapai Garuda Indonesia dari Soekarno Hatta International Airport (CGK) ke H.A.S Hanandjoeddin Airport Belitung (TJQ) pukul 14.00 WIB dan sampai pukul 15.10 WIB.

Latoe ready to go @Terminal 3 Bandara Soetta

Mom and Son Trip-nya jadi juga :)

Horeeee Latoe sampai juga di Belitung

Di sana, awalnya mau naik GoCar aja (thx God sekarang Belitung udah ada Gojek!). Eh, nyoba beberapa kali order ga ada yang ngambil :(. Mungkin masih jarang ya di area bandara sini. Akhirnya kami naik taksi bandara aja ke pusat kota Tanjung Pandan di mana hotel kami berada. Sekali jalan tarifnya Rp95.000.

Setelah sekitar 20-30 menit perjalanan, kami sampai di BW Suites Belitung. Harga per kamar untuk Superior Room - Non View yaitu Rp738.000 dengan booking di tiket.com. Pas nyampe, aku dikasih tau resepsionis kalo kamar aku di-upgrade jadi yang ada view-nya. Yeeaaaay! Rejeki Latoe! Kenapa pilih menginap di sini? Sebenarnya nyari hotel yang kolam renangnya langsung menghadap ke laut. Agak pricey sih ya, tapi aku memang pengen trip ini nyaman buat kami berdua.

Hotel BW Suites Belitung

Sore hari sebelum maghrib, kami berencana liat sunset di Pantai Tanjung Pendam yang jaraknya cuma 3 menit naik Gojek dari hotel. Tapi agak gagal sih, soalnya mataharinya keburu tenggelam wkwkkw. Jadi, kami cuma maen-maen bentar aja di pantai. Latoe seneng banget ngeliat pantai lagi.

Pantai Tanjung Pendam Belitung

Latoe @Pantai Tanjung Pendam

Dari Pantai Tanjung Pendam, tinggal nyebrang, eh langsung deh ke Belitong Food Street. Sekalian makan malam deh kami. Jadi, Belitong Food Street ini kerjasama dengan GoPay. Beli di sini bayarnya pake GoPay (walopun bisa cash juga sih), setidaknya sekarang Belitung udah lumayan canggih lah daripada 3 tahun lalu. Makasih loh GoJek, berkatmu kami jalan-jalan di sekitaran Tanjung Pandan cuma naek GoJek ;).

Makanan di Belitong Food Street ini tidak terlalu banyak. Ada kopi, cemilan, pempek, bakso, wedang ronde, sate, juga aneka jus. Dikarenakan bukan weekend, jadinya sepi banget loh! Emang Belitung ini seabis maghrib sepi banget, tapi bikin tenang.

Suasana Belitong Food Street

Oia, di sini kami nyobain Kupi Tanggar gratiiisss loh! Jadi, kebetulan kami sampai di Belitung itu hari Jum'at dan setiap Jum'at itu dia nyediain kopi gratis. Waaaah, berkah banget nih yang jualannya. Untuk review rasa kopinya, jujur aku selalu ga tau perbedaan kopi-kopi yang aku minum :D. Jadi, aku cuma mau bilang Kupi Tanggar ini enak kok!

Kupi Tanggar

Menu lainnya yang aku beli yaitu Pempek dan Wedang Ronde. Rasanya enak koook, cukup menghangatkan suasana malam pertama di Belitung. Pempeknya walopun murah, tapi rasa ikannya kerasa banget.

Pempek Tenggiri

Wedang Ronde

Harapan aku sih Belitong Food Street ini bisa lebih ramai lagi ya, jadi para pedagang kecil bisa terbantu perekonomiannya :)

HARI KE-2
9 NOVEMBER 2019

Menghadapi hari ke-2 we were so excited! Soalnya Latoe mau main ke Pantai Laskar Pelangi a.k.a Pantai Tanjung Tinggi. Sehari sebelumnya sempat bingung mau naik apa ke pantai. GoCar bakalan ada yang ngambil sih dari kota, tapi ga yakin dengan pulangnya (perjalanan sekitar 30 menit dari hotel ke arah utara). Kebetulan kemarin ngobrol sama sopir taxi yang mengantar ke hotel, katanya bisa pake jasa dia buat nganter ke sana. Harga yang ditawarkan kisaran Rp200.000 - Rp250.000 tergantung kebutuhan. Jika kita butuh untuk ditunggu, harganya lebih mahal daripada harga yang cuma drop dan jemput. Akhirnya aku pilih opsi ke dua.

Jam 8 pagi kami sudah berangkat ke pantai. Sesuai ekspektasi, pantainya masih aja sepi. Lumayan, jadi bisa lebih menikmati suasana. Latoe excited banget, dia ga sabar buat main di air dari kejauhan.

Suasana Pantai Tanjung Tinggi

Agak rempong sih bawa ransel baju ganti sambil main di pantai ngawasin Latoe. Akhirnya aku nyewa tiker Rp15.000 unlimited time. Tapi karena waswas sama barang yang ga ditungguin di tiker (dan Latoe menclak-menclok sana-sini), akhirnya aku terus bawa aja ranselnya. Yah, yang penting anak menikmati aja deh main airnya, bundanya mah udah pernah ini ahahaha.

Latoe asik main air di Pantai Tanjung Tinggi

Sekitar pukul 10.00 WIB, Latoe mandi dan ganti baju. Abis itu, kami makan Pop Mie dan Jasuke (Jagung Susu Keju) di kedai yang ada di pinggir pantai sambil nunggu jemputan. Pukul 11.00 WIB kami sudah ada di hotel buat istirahat sebentar.

Pukul 12.00 WIB, kami keluar lagi buat makan siang. Sesuai itinerary, kami bakalan ke Kedai Ishadi (penasaran apa masih ada atau engga). Aku masih terbayang-bayang dengan Pantiaw dan Pempeknya yang enaaaaak banget waktu terakhir ke sana sama suami. Pas pesen Gojek sih memang ga ada di map-nya, cuma ada Foodpedia. Ya udah walaupun ga yakin Kedai Ishadi masih ada, aku nekat ke sana dengan tujuan Foodpedia. Pas sampai, waaaaah senengnya Kedai Ishadi ternyata masih ada loh! Lokasinya memang satu deret di komplek ruko yang sama dengan Foodpedia. Seperti 3 tahun lalu, kedainya masih aja sepi :(.

Suasana Kedai Ishadi

Pas masuk, kayaknya memang yang jualan berbeda sama yang dulu. Interiornya masih sama sih, cuma daftar menunya ternyata sudah beda. Pas aku tanya Pantiauw dan Pempek, ibunya bilang sudah ga jualan itu.

Menu yang sekarang dijual nasi goreng, mie goreng, sampai ayam geprek. Kecewa sih, tempat yang dulu aku dan suami datangi dengan low expectation (karena tempatnya sepi) sudah ga menyajikan makanan favorit kami. Dulu jujur aja, pas datang ke sini emang karena deket aja sama Green Tropical Village tempat aku dan suami menginap. Tapi ternyata kami puas sama makanannya. Sekarang? Ya, aku coba-coba aja deh pesen ayam geprek.

Ayam Geprek Kedai Ishadi

Porsinya lumayan banyak sih, lengkap dengan tempe, tahu, dan lalapan. Rasanya juga lumayan kok, sambelnya pedaaasss, walaupun bentukannya engga digeprek hehehe. Harganya standar cuma Rp20.000 atau Rp25.000 kalo ga salah. Untuk minumnya aku pesan Cappuccino Ice seharga Rp15.000.

Oke, setelah makan siang, saatnya cari oleh-oleh! Udah direncanain mau beli Ketam yang memang khas Belitung. Ketam itu semacam kepiting kecil-kecil yang dagingnya diolah, dikasih bumbu dan bahan lainnya, lalu dimasukkan lagi ke cangkangnya. Jadi, tinggal makan deh! Eh sekarang banyak yang memproduksi Ketam isi yang siap dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Salah satunya di Galeri KUMKM Belitung. Aku ga sempet foto tempatnya, tau sendiri ya riweuhnya bawa anak jalan-jalan hihii. Kamu bisa googling sendiri ya.

Di sini, banyak sekali makanan hingga kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Dari kerupuk, kopi, sirup jeruk kunci, olahan ikan, tas dari rotan, kerajinan dari kain flanel juga kerang, dan masih banyak lagi. Aku di sini nyobain beli Ketam isi, keripik cumi, sama minyak gosok serai. Emang ga niat beli barang-barang, soalnya cuma bawa satu koper ukuran sedang.

Ketam Isi Merek Ssarang Ule-ule

Minyak Gosok Serai

Keripik Cumi

Setelah belanja, kami naik Gojek kembali menuju hotel. Sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB kami sudah standby di kolam renang hotel buat liat sunset. Kali ini ga boleh ketinggalan lagi donk. Latoe pun asik renang, padahal siangnya udah renang di pantai. Dasar bocah :D. Waaaah sunset-nya perfect banget, lokasinya pas banget dari kolam renang sini.

Sunset di kolam renang BW Suites Belitung

Maghrib kami bergegas ke kamar. Eh Latoe langsung tidur, kecapean dia. Jadi, makan malamnya pesen GoFood aja. Dikarenakan masih penasaran sama pempek, akhirnya aku nyari tempat yang menjual pempek di sekitaran hotel. Dapet sih, aku beli Pempek dan Mie Jawa. Ya, walaupun rasanya ga sesuai ekspektasi, tapi ya sudah lah yaa yang penting makan, tidur, dan siap-siap besok saatnya pulang!

HARI KE-3
10 NOVEMBER 2019

Waaaah udah hari terakhir aja di Belitung. Singkat dan santei banget ini jalan-jalannya. Ya namanya juga jalan-jalan bareng anak, sebisa mungkin santei aja, kalo ga ya kita sebagai orang tua yang bakalan capek dan tepar. Anak kan ga ada capeknya ya jadi harus kita rem sedikit.. :D

Hari diawali dengan renang lagi di kolam renang hotel! Ya gitu deh, niatnya mau sarapan, eh malah grudak-gruduk gara-gara anak lari ke kolam renang :(.

Masih banyak waktu sebenarnya untuk jalan-jalan di Belitung karena penerbangan pulang kami pukul 16.00 WIB. Jadinya, abis renang, sekitar pukul 09.00 WIB, kami ke Kebun Binatang Tanjung Pandan. Tiket masuknya cuma Rp3.000.

Kebun Binatang Tanjung Pandan

Di tempat ini ternyata ada museumnya loh! Dari mulai koleksi barang dan senjata antik, sampai ikan-ikan besar yang diawetkan (lupa nama ikannya apa).

Koleksi Barang Antik Kebun Binatang Tanjung Pandan

Koleksi Senjata

Ikan yang diawetkan

Nah, untuk koleksi binatangnya sebenarnya ga banyak. Tempatnya juga cenderung kecil dengan kandang-kandang atau sangkar yang sudah rusak, juga kolam yang tak terawat :(. Sedih sih liatnya. Padahal katanya di sini ada buaya yang ada di film Laskar Pelangi (tapi kami ga sempet liat karena bingung tempatnya). Begitupun dengan akuarium ikannya, kotor dan rusak banget. Tapi Latoe seneng liat beberapa ikan yang ada di akuarium. Sisanya, akuarium kosong dan pecah kacanya.

Suasana Kebun Binatang Tanjung Pandan

Kondisi sangkar

Kondisi akuarium

Jujur, ga betah sih main di Kebun Binatang Tanjung Pandan ini. Bisa dibilang ga ada atraksi apapun. Cuma terlihat beberapa patung binatang dan perosotan untuk menghibur anak-anak.

Tapi, ada kelebihannya juga. Kebun binatang ini memiliki patung naga raksasa, yang mungkin menjadi satu-satunya daya tarik tempat ini.

Patung naga raksasa

Kami cuma sebentar di sana, dan langsung pergi nyari ketam isi di tempat lain sebagai pilihan. Akhirnya, kami pergi ke Ketam Adena. Bukan hanya ketam, di sini banyak banget makanan olahan kepiting dan ikan lainnya, seperti otak-otak dan nugget. Waaaah favorit banget! Akhirnya aku beli Ketam Black Pepper, Otak-otak Ketam, sama Ketam Goreng yang sudah tinggal makan. Lumayan puas beli ketamnya!

Suasana Kedai Ketam Adena

Ketam Isi

Otak-otak Ketam

Ketam Isi Goreng

Walaupun penerbangan masih sore, tapi kami udah harus check out dari hotel pukul 12.00 WIB. Aku memutuskan untuk nunggu aja di bandara. Abisnya nanggung sama taxi dan ribet sama barang bawaan. Latoe cuma main-main aja di kids playground Bandara Hanandjoeddin. Agak capek sih, kadang dia lari-lari keluar dari tempat mainnya.

Tibalah saatnya kami naik pesawat. Seperti biasa Latoe ga mau diem dan ga mau pake seatbelt. Dia baru bisa diem pas pesawat udah take off dan dia langsung bobo. Alhamdulillah perjalanan kami lancar sampai rumah. Walaupun capek banget, tapi perjalanan ini bakalan dikenang terus. Next, giliran ayahnya yang jalan-jalan berdua sama Latoe. Bundanya me time deh hihiii.

Bocah gak mau diem di pesawat

Makasih ya udah baca #MomAndSonTrip. Semoga menginspirasi :)