De'Tuik on the Peak!

August 11, 2014

Bandung surganya kuliner. Itu sudah pasti. Makanya, setiap weekend Bandung itu macet dimana-mana. Alhasil, bikin mood jadi turun dan "capek di jalan". Okay, that's our big city's problem almost everyday, not just on weekend. Tapi, kalau foodies yang udah bermacet-macet ria di jalan dan berkunjung ke tempat ini dijamin rasa penat selama di jalan terbayarkan! Tempat ini berada di puncak Bojong Koneng Atas. It's "De'Tuik Resto and Resort". Nah, kali ini saya berkesempatan masak bareng Chef Abah Asep di depan resort-nya nih, foodies. Dari atas sini, kita bisa melihat pemandangan kota Bandung di bawahnya.

De'Tuik Resto and Resort's Atmosphere
Another De'Tuik Resto and Resort's Atmosphere

Sebelum masak, memang paling asyik memandangi pemandangan sambil beristirahat sejenak dari kepadatan kota. Tempat ini pastinya didesain senatural mungkin dengan ornamen kayu dan hijau.

Okay, dikarenakan tujuan saya kesini untuk memasak dan mencicipi menu khas De'Tuik, jadi langsung saja yaa foodies kita intip what's menus to cook.

Kita akan masak dua menu special buat foodies. Menu pertama merupakan menu unik dengan porsi besar. Menu ini cocok untuk para warga Bandung yang baru menginjak dewasa. Why? Because, it's Ayam ABG atau Ayam Baru Gede. Namanya memang sedikit menggelikan yaa foodies, tapi penamaan ini bukan tanpa alasan loh. :D

Sebenarnya menu Ayam ABG merupakan kelanjutan menu dari Baby Chicken, yakni sajian khas De'Tuik dengan bahan dasar ayam yang masih kecil. Ukurannya yang kecil, disajikan dengan "sarang" yang terbuat dari mie yang digoreng kering dan berbentuk sarang. Nah, ceritanya Baby Chicken ini sudah beranjak dewasa. Maka, terciptalah Ayam ABG ini.

And here they are, bahan-bahan yang akan kita masak.

Fresh Ingredients to cook
Fresh Ingredients to cook

Bahan-bahan untuk membuat Ayam ABG ini simple. Cukup ayam satu ekor, tepung terigu, tepung tapioka, kecombrang, garam, merica dan penyedap rasa. Tidak lupa sambal untuk menambah rasa pedas. Foodies juga bisa coba di rumah ;)).

Cara membuatnya, goreng ayam utuh di minyak yang panas sampai matang merata. Tahap kedua, siapkan adonan untuk membuat kremes yang renyah. Tipsnya, campur 2/3 tepung terigu dengan 1/3 tepung tapioka dengan air matang. Kemudian, goreng dengan cara mengangkat atas-atas tangan kita ketika memasukkan adonan tepung ke minyak panas. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sselanjutnya, goreng juga potongan daun kecombrang sampai krispi. Lalu, tambah sambal terasi sesuai selera.

And this is it, Ayam ABG khas De'Tuik Resto and Resort!

Ayam ABG

Lanjut ke menu kedua yuk, foodies! Menu ini merupakan adaptasi dari menu western dan dimodif sedemikian rupa sesuai lidah orang Indonesia, khususnya Bandung. Siapa sih yang tidak kenal Pizza. Yups, menu ini bernama Pizza Sunda! Penasaran? Let's cook!

Pizza Sunda

Pizza Sunda ini berisi bahan-bahan fresh, such as paprika hijau, paprika merah, bawang bombay, kol, tepung terigu, telur, smoke beef dan yang utama yaitu keju mozarella. Cara membuatnya, campur semua bahan kecuali keju mozarella dan goreng di wajang kecil berbentuk bulat. Setelah setengah matang, baru taburkan keju mozarella di atasnya dan matangkan kembali. Sajikan dengan saus tomat atau saus cabai dan sedikit garnish.

Tadaaaaaa! That's Pizza Sunda. Sekilas mirip surabi yaa, foodies. Tapi, lebih mirip lagi disebut bala-bala modern (karena bala-bala yang asli tidak memakai keju dan paprika). Setuju? :D

Bon Appetite! ;))

Kurang lengkap rasanya menikmati menu-menu De'Tuik tanpa minuman yang fresh pula. Crazy squash dan ice green tea nampaknya sangat cocok menemani Ayam ABG dan Pizza Sunda yang dinikmati sambil melihat pemandangan hijau.

Me @ De'Tuik Resto and Resort

Ignore my oily face and tired kind of :(.
But, I really enjoy my short "trip" at De'Tuik Resto and Resort.
You can enjoy it like I did, foodies ;)).


#juwisfoodystuff


You Might Also Like

4 comments