Pak Raden Bule in Bandung!

August 13, 2014

Foodies pastinya sudah mengenal tokoh yang sering disebut Pak Raden 'kan di televisi? Lelaki paruh baya, berpenampilan dengan mengenakan pakaian tradisional Jawa, memakai blangkon dan berkumis baplang. Beliau tidak dapat dipisahkan dari sosok unyil dan kawan-kawannya. Nah, Pak Raden yang satu ini jauh dari kesan yang disebutkan tadi. Pak Raden ini berasal dari Australia loh a.k.a orang bule! Loh kok bisa? Nothing is impossible. Buat foodies yang penasaran dan tak percaya, ini dia penampakan Pak Raden Bule-nya.

Pak Raden Bule

Lalu, apa hubungannya Pak Raden Bule ini dengan kuliner? Jelas ada, foodies. Pak Raden Bule ini membuka tempat makan di Jalan Banteng Bandung. Nama tempat makannya pun berbau Sunda dan memakai namanya sendiri. Yups, Saung Pak Raden Bule. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi cukup buat foodies yang ingin bersantai dan bernostalgia menikmati alunan musik legendaris jaman dulu.

Panggung hiburan @ Saung Pak Raden Bule

Jadi, di hari-hari tertentu, tempat ini rutin menyajikan pertunjukan khusus lagu-lagu nostalgia. Itulah konsep yang disuguhkan oleh Saung Pak Raden Bule, di mana jarang sekali tempat makan di Bandung yang dijadikan tempat berkumpul angkatan lawas untuk sekedar mengenang kejayaan mereka di masa lalu. Bisa foodies liat sendiri, di hampir setiap dindingnya terdapat foto beberapa artis legendaris Bandung yang juga sempat berkunjung ke sini.

Walaupun suasana tempat makan ini lawas dan bernama saung, tapi menu yang disajikan di sini cukup beragam. Dari mulai menu Sunda seperti timbel, sampai kepada menu western seperti spagetti pun tersedia. Nah, Bu Iis, pengelola tempat makan ini mengajak saya untuk memasak dan mencicipi empat menu. Selain itu, pastinya kita ditemani oleh Chef Iwan dan Chef Ani, juga Barista Agung yang handal dalam meracik bahan-bahannya.

Daftar menu Saung Pak Raden Bule

Menu pertama yang dibuat oleh Chef Iwan adalah Iga Bakar Hot Jeletot. Sudah bisa foodies bayangkan bagaimana rasanya. Hot jeletot alias pedas gila! Tentunya sangat menggugah selera dan sesuai dengan lidah orang Sunda yang sangat menyukai pedas.

Iga Bakar Hot Jeletot

Bahan-bahan untuk membuat menu ini terdiri dari iga sapi segar, bawang bombay, bawang putih, jahe, paprika, cabe rawit merah, saus tomat, saus tiram, merica, pala, kecap manis, kecap Inggris, mentega dan minyak wijen. Lengkap dan kaya rempah khas Indonesia!

Walaupun namanya iga akar, tapi menu ini tidak dibakar sama sekali loh, foodies. Cara membuatnya cukup masukkan bahan-bahannya dan digoreng sampai matang. Mungkin karena hasil akhirnya yang berwarna coklat kehitaman seperti dibakar dan sangat pedas, maka menu ini disebut Iga Bakar Hot Jeletot :p.

Iga Bakar Hot Jeletot

Buat foodies yang tidak terlalu suka rasa pedas tapi ingin mencicipi menu yang segar, nampaknya menu yang satu ini cocok sekali. Namanya Ikan Gurame Saus Mangga ala Chef Ani. Slllrrrpppp, so fresh!

Ikan Gurame Saus Mangga

Bahan-bahannya hampir sama loh seperti membuat rujak cuka. Namun, yang membedakannya adalah menu ini menu makan berat karena berbahan dasar ikan gurame. Sedangkan mangga dan bumbu rujaknya merupakan tambahan yang membuat menu ini berbeda dan segar. Cukup sediakan ikan gurame ukuran besar yang difillet dan dipotong dadu, kemudian balurkan ke dalam adonan tepung terigu dan tepung tapioka serta merica, penyedap rasa dan garam, kemudian goreng. Untuk membuat bumbu rujak mangganya sediakan mangga muda, bawang putih, cabe merah, rawit merah, cuka dan gula putih. Setelah ikan gurame matang, maka siramkan bumbu rujak mangga di atas ikan gurame. So yummy! ;))

Ikan Gurame Saus Mangga

Nah, setelah mencicipi menu pedas dan asam juga segar di mulut, rasa-rasanya perlu dinetralkan dengan sesuatu yang manis. Kali ini Barista Agung membuat dua menu manis untuk foodies semua. Menu pertama yakni minuman bernama Bubble Tea.

Bubble Tea

Super duper simple untuk membuat minuman ini. Foodies cukup siapkan bubble tea yang banyak dijual di supermarket, jelly, yoghurt, susu dan es batu. Jadilah minuman yang menyegarkan dan menetralkan rasa pedas di mulut ini ;). Ets, jangan lupa tambahkan cream, buah cherry dan daun mint segar di atasnya sebagai garnish yaa, foodies!

Bubble Tea

Menu terakhir yang dibuat oleh Barista Agung adalah dessert yang sangat manis juga. Buat pecinta coklat, menu ini bagaikan surganya. Yups, it's Choco Lover! Pancake yang disajikan dengan es krim dan bertaburan coklat.

Choco Lover

Bahan adonannya terdiri dari tepung terigu, telur, ragi, susu cair, gula cair dan mentega. Sedangkan untuk topping-nya cukup sediakan es krim coklat, wafer stick, cocoa powder, buah cherry dan daun mint. Topping bisa ditambahkan sesuai selera foodies ;).

Choco Lover
Gimana foodies, langsung kenyang baca ulasannya atau justru masih lapar? :D
Mending langsung cicipi menu lainnya yang tersedia di Saung Pak Raden Bule di Jalan Banteng nomor 56 Bandung. Bawa orang tua juga bisa kok foodies untuk mengajak mereka ke suasana tempo dulu dan bernostalgia dengan tembang kenangannya.
;))

#juwisfoodystuff


You Might Also Like

0 comments