Bali and Birthday

November 27, 2018

Liburan dadakan!

Itu kira-kira judul tulisan ini :D. Sekitar 10 hari sebelum ke Bali, aku dapat disposisi untuk mendampingi atasan ke Bali. Nyerita ke suami, ternyata dia juga ada acara ke Bali di minggu yang bersamaan. Tapi, waktu itu masih belom jelas antara jadi atau ngga. Kami sama-sama bakalan ke Bali, tapi beda acara dan beda hari. Nah loh!

Di saat yang bersamaan, keberangkatan kami ke Bali itu mendekati hari ulang tahun aku, yaitu tepat tanggal 28 Oktober 2018. Jadinya keidean, gimana kalo sekalian liburan. Tiba di rumah, kami nyerita ke Mbak pengasuh Latoe kalo kami sama-sama bakalan dinas ke Bali dan serangkaian dinas setelahnya (maklum akhir tahun). Si Mbak pun keidean buat liburan sama Latoe ke Jepara. Alhasil mereka ga pulang-pulang selama 2 minggu :D. Sekalian nengok eyang kakung Latoe yang lagi sakit.

Aku dinas tanggal 24 - 26 Oktober 2018 di Sofitel Hotel Nusa Dua, sedangkan suami tanggal 26 - 28 Oktober 2018 di Hotel Nikko Bali Benoa Beach. Aplusan ini ceritanya! Menjelang keberangkatan, akhirnya aku putuskan untuk extend sampai tanggal 29 Oktober 2018. Begitupun suami yang hanya extend 1 hari. Kebetulan hotel tempat acara kami deketan. Ah kayaknya semesta sudah merencanakan liburan dadakan dan singkat ini deh :D. Hari terakhir dinas, aku nyusul ke Hotel Nikko walopun cuma nunggu di kamar saat suami rapat. Keluar kalo jamnya makan aja ahahahha sama jalan-jalan sore di pantai.

Suasana Hotel Nikko Bali Benoa Beach di pagi hari

Another suasana Hotel Nikko Bali Benoa Beach di pagi hari

Pantai Hotel Nikko Bali Benoa Beach di sore hari

Jalan-jalan sore di pantai

Rumput laut di pantai yang surut

Senja

Malam minggu menjelang ultah ternyata ada barbeque party! Langsung kalap tuh! Udang sama beef nya endolitaaaa. Lagi ngurangin nasi sih, jadinya kalap makan jagung sama bebakaran :D. Ditambah ada live music, kayaknya kalo cuma dinner berdua sama suami sok romantis banget.

Barbeque Party! @Nikko Hotel

Barbeque party @Hotel Nikko Bali

Barbeque party @Hotel Nikko Bali

Salad corner

Kentang panggang

Desserts

Tanggal 28 Oktober 2018, saatnya perayaan ultah! Well, sebenarnya bukan perayaan wong kami cuma jalan-jalan aja seperti biasa :D. Lagian ga pernah dirayain sih dari dulu. Biasa aja, nothing special. Malah sedih umur semakin berkurang. Moment ultah ini harusnya dijadikan ajang bersyukur dan introspeksi diri aja (sok bijak ahahahha).

Hari ulang tahun diawali dengan pindah hotel dari Nusa Dua ke Ubud. Perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam dengan mengendarai sepeda motor. Kami menyewa sepeda motor seharga Rp60.000 sehari yang dapat diantar ke hotel dan dikembalikan di bandara (janjian aja sama yang ngurus rentalnya).

Di Ubud, kami menginap di Alang-alang House yang kami pesan via AirBnb. Harganya sekitar Rp500.000 semalam. Lokasinya itu agak nyempil, kalo ga bener-bener ngeliatin pinggir jalan, kayaknya bakalan kelewat. Awalnya nyangka Alang-alang House ini tempatnya di pesawahan, eh taunya ngga. Terus area penginapannya ga terlalu luas, hanya ada 4 rumah panggung. Salah satunya yang kami tempati buat stay 2 hari semalam di Ubud. Tempatnya lumayan asik untuk sekedar istirahat dengan king bed yang dikasih kain-kain putih macam kelambu :D. Kamar mandinya juga dilengkapi dengan bathtub (walopun lampunya remang-remang jadinya agak serem). Di depan kamar juga dilengkapi dengan kursi leyeh-leyeh dan tempat makan. Jadi, di mana alang-alangnya? Sebenarnya sih bukan alang-alang ya, tapi lebih ke semak belukar yang ada di belakang penginapan (depan kamar). Jadi, rumah panggung kami itu menghadap ke belakang. Persisnya sih kayak turunan jurang curam dan ujung-ujungnya ada sungai (walopun ga keliatan sungainya, cuma agak terdengar gemericik airnya).

Suasana Alang-alang House

Tempat leyeh-leyeh

Suasana kamar

Breakfast with alang-alang

Selama di Ubud, kami ga terlalu banyak mengunjungi tempat wisata karena waktunya juga sempit. Kami hanya berkeliling dengan motor untuk makan dan menikmati suasana sawah. Sebelum ke Ubud sempat browsing-browsing tempat kulinernya. Ujung-ujungnya banyak yang ga jadi dikunjungi :D. Dikarenakan saat itu lagi detox, jadi nyari tempat makannya yang agak sehatan dikit lah. Pilihan jatuh ke AA Juicery and Cafe Ubud. Tempatnya kecil dan ga jauh dari penginapan kami. Eitttsss, walopun begitu, tapi makanannya juaaaaraaaaa enaknya! Porsinya juga buaaaaanyaaaak! Malahan nyesel pesen beberapa menu, padahal kan kalo tau porsinya sebanyak itu bisa dimakan berdua.

AA Cafe & Juicery menu

Suasana cafe dan ornamennya

Suasana Bali sangat terasa

Kursi tradisional dengan kayu

Bisa bobo cantik

Yang pertama kami pesan adalah Dragon Bowl Smoothies. Komposisinya biasa aja sih cuma buah naga, pepaya, dan pisang. Tapi yang bikin ada sensasinya adalah topping-nya! Kita bisa milih 5 topping yang berbeda. Aku pilih banana, shredded coconut, goji berry, granola, dan chia seed. Cukup menyegarkan dalam suasana panas sedikit sejuk di Ubud. Porsinya banyak dan ngenyangin.

@AA Juicery & Cafe Ubud

Dragon Bowl Smoothies

Me VS Dragon Bowl Smoothies

Menu kedua adalah minuman. Suami memesan Turmeric Jamu. Keliatannya aja kayak orange juice, padahal kunyit ahahhaha. Tapi lumayan enak kok. Komposisinya kunyit, madu, dan air kelapa. Unik ya! Pokoknya menu di sini sehat semua.

Turmeric Jamu

Next, makanan berat! Aku pesan Gado-gado, suami pesen Tempe Steak. Nah, ini nih yang porsinya super big tadi. Rasanya ampun dah, enak banget! Ga tau ya, kayak di luar ekspektasi aja. Kirain ga akan seenak ini. Bumbu kacangnya yang bikin enak. Makan di sini kenyang, tapi ga bikin melar :D.

Makan berat

Gado-gado

Tempe Steak

Kenyang makan, kami istirahat sejenak di penginapan sebelum sorenya momotoran lagi. Kali ini tujuannya adalah Tegallalang Rice Terrace. Ekspektasi bakalan liat pemandangan ladang padi indah yang berundak-undak kayak difoto-foto atau film Eat, Pray, Love, tapi realitanya adalaaaah lumayan rame sama wisatawan yang pada nyoba trekking atau berfoto ria. Belum lagi banyak penjual souvenir atau cafe di pinggir rice terrace. Ladang padinya pun ternyata biasa aja untuk aku yang notabene di Bandung sering liat yang gituan, bahkan lebih indah, hijau, dan sejuk. Tapi, buat wisatawan mancanegara memang yang dicari yang kayak gini soalnya di negaranya jarang ada mungkin ya.

Tegallalang Rice Terrace

Suasana Cafe di pinggir bukit @Tegallalang Rice Terrace

Dari sana kami menuju ke daerah Petulu liat burung-burung migrasi. Eh ternyata di daerah sini memang banyak banget burung. Di mana-mana ada burung, di dahan, di pohon, di jalanan, di sawah, di atap rumah warga, dll. Ga heran kotoran burung pun mewarnai daerah ini. Burungnya cantik loh! Berwarna putih dengan bagian leher sampai kepala berwarna coklat muda. Paruh burungnya pun panjang. Namanya burung kokokan. Seru banget pengalaman liat suasana kayak gini, padahal kan aku anaknya takut binatang :D.

Burung Kokokan
Burung Kokokan dimana-mana

Oia sebelum jalan-jalan sore, kami beli durian di pasar yang kami lewati. Harganya murah! Jadinya kami langsung beli 2 durian untuk dimakan berdua :D.

Mabok duren

Keesokan harinya, kami siap pulang kembali ke Jakarta. Sebelumnya kami mampir ke Pasar Seni Ubud untuk membeli beberapa oleh-oleh seperti tas dari rotan dan souvenir.

See ya Bali! Walaupun singkat, tapi liburan dadakan ini lumayan seru. Makan, makan dan makan teruuuusss. Eh tapi kami kangen Latoe loh saat di Bali! Suatu saat semoga bisa jalan-jalan sama Latoe ya! Saatnya memulai hari yang baru di usia yang baru! Semoga kehidupan kami lebih baik dari sebelumnya dan selalu berbahagia. Aamiin.