Si Manis Tartlets

October 19, 2019


Aku kena racun acara kuliner!

Yupz, gara-gara suatu hari aku nonton acara Detektif Rasa di Trans7 yang lagi review dessert unik, jadi pengen ke situ juga. Bukan gara-gara laper, terus aku tiba-tiba pengen nyobain kayak yang di TV, tapi emang aku butuh konten instagenic buat blog aku ahahahha. Dan kebetulan yang di-review mereka itu kok lucu banget ya. Jadi, rasanya rugi kalo aku pun ga review makanan yang sama.

Well, sebenarnya aku bukan orang yang suka dessert. Ga terlalu suka kue-kuean manis. Lidah aku nyunda banget gais sukanya asin, pedas, dan asem (tetiba kepengen baso pedes). Tiap makan kue/cake/bolu gitu aku ga bakalan makan lebih dari satu slice. Udah langsung eneg bawaannya. Terus, dessert yang mau di-review sekarang gimana? Ga suka juga? Tunggu jawabannya ya.

Outlet Tartlets
Namanya Tartlets Artisan Patiesserie!

Tempatnya? Di Jakarta Utara!! Hmmmmm.. Aku agak hopeless sebenarnya buat pergi ke sini. Beberapa minggu terhitung dari mulai niat sampe akhirnya terlaksana. Secara dari rumah aku di pedalaman Amazon sampe ke Jakarta Utara itu kan jauh bangun ya! Jangankan dari rumah, dari Jakarta Pusat ke sana aja terhitung lumayan jauh (soalnya macet). Tapi, gapapa deh, kapan lagi bisa me-review makanan lucu. Dan suami pun setuju. Yupz, akhirnya kita meluncur ke PIK Avenue.

Hari Minggu, 21 Juli 2019 lalu kami memutuskan pergi lengkap membawa Latoe. Dari rumah sekitar jam 10.00 WIB naik KRL, lanjut naik bus Transjakarta dari Halte Harmoni ke PIK. Sebenarnya bisa naik dari Halte Monas, cuma karena saat itu bertepatan dengan HUT Betawi, Halte Monas membludak banget! Antrian panjang dan macet di sekitarnya. Akhirnya dari Halte Monas kami naik angkot ke Halte Harmoni.

Oke, itu kerempongan pertama. Hari udah semakin siang. Di bus, awalnya Latoe anteng (walopun naik turun kursi mulu). Lama-lama, dia cengeng, nangis, ga sabaran (mungkin ngantuk juga) soalnya kok ga nyampe-nyampe ya.. Perjalanan sekitar 1,5 jam lebih sih dari Halte Harmoni itu. Nyampe sana hampir Ashar. Muter-muter, dapet juga si Tartlets ini yang letaknya di lantai 1.

Tapi, saking banyaknya drama di jalan dan udah kesorean, kok aku jadi kurang excited ya :(. Eiittss, mau ga mau harus tetep lanjut donk udah jauh-jauh gini!

Tempat makan Tartlets

Dari segi dekorasi emang lucu sih suasananya dominasi pink dan tosca. Tapi, ga enaknya tuh letaknya di area terbuka pinggir pembatas kaca. Jadi, dari Tartlets ini kita bisa liat ke bawah, langsung ke area panggung hiburan (kebetulan waktu itu lagi ada acara jadinya rame dan berisik).

Dekorasi pink dan tosca




Liat di display-nya, beneran lucu-lucu bentuknya! Ga banyak varian dessert yang disajikan saat itu, beda sama yang aku tonton di Detektif Rasa. Padahal aku udah punya rencana buat beli yang varian lemon (katanya rasanya yang paling seger). Ada varian pumpkin, apple, peach, Menara Eiffel, rose, strawberry, juga aneka cake lainnya dan tiramisu. Di sini ternyata tersedia juga minuman manis-manis macam aneka Latte.


Tapi, kayaknya si Tartlets ini menyajikan bentuk yang berbeda-beda sesuai musimnya kali ya. Soalnya kalo kita liat di review Zomato, banyaaaak banget variannya. Jadi, pas kamu dateng ke sini belum tentu tersedia varian yang kamu liat di sosmed.

Display dessert lucu Tartlets




Akhirnya, aku memilih peach dan Menara Eiffel cake untuk dicoba. Sedangkan suami hanya beli Latte. Eh kami dapet gratisan loh waktu itu! Kebetulan setiap pembelian salah satu varian dessert gratis Latte! Wah beruntungnya!


Bentuk peach-nya lucu ya! Ampe sayang mau makannya. Sebenernya waktu itu aku laper banget pengen makan nasi, tapi niat awal kan mau nyobain dessert ini. Jadi, cuz cobain dulu deh.

Peach Cake

Waaaah pas dibuka ada isinya. Udah bisa ditebak isinya pasti buah peach juga ya. Tapi, uniknya kayak ada tektur jelly-nya juga. Rasanya asem manis gitu lumayan seger. Jadi, ada 2 lapisan yang membalut isian peach-nya. Lapisan pertama yang berwarna peach sebenarnya adalah coklat putih. Lapisan kedua katanya white chocolate mousse. Pantesan lembut banget! Overall, rasanya maniiiiisss banget. Asli kemanisan kalo buat aku!  Hmmmm, enak but not my favourite.


Bagian dalam peach cake


Mari kita coba yang Menara Eiffel.

Ya ampun lucu banget sih si Menara Eiffel ini! Dominasi berwarna coklat, tapi bagian menaranya berwarna emas. Eh, emasnya bisa dimakan loh! Tau ga, pas makan menaranya aku berdoa, "Semoga suatu saat bisa liat Menara Eiffel langsung", hihiii Aamiin.

Menara Eiffel cake

Rasanya, full maniiiiisss banget!! Soalnya varian ini ga ada embel-embel buahnya. Bagian dasar berbahan coklat biasa dengan dibalut lapisan kue, dan bagian menaranya berbahan coklat putih. Lapisan emasnya entah dari apa, rasanya udah melebur soalnya sama kayak rasa coklatnya. Mmmmmm, still not my favourite, soalnya aku kurang suka yang manis-manis. Tapi, ada ornamen "love" berwarna merah di atas coklat dasarnya. Isinya stroberi kalo ga salah dan lembut banget.

Menara Eiffel cake bagian dalam

Coklat Eiffel

Setelah agak pusing gara-gara kemanisan dan laper plus lemes, ada satu penyelamatnya! Yupz, si Latte!

Latte-nya Tartlets

Latte-nya itu bisa dikatakan sebagai penetral kemanisan di lidah. Soalnya ga pake gula! Yeesss, yang paling enak di Tartlets yang kami cobain adalah Latte-nya! Sebenarnya biasa aja rasanya pahit, tapi pahitnya itu melebur jadi manis-tapi-ga-kemanisan di mulut yang masih terkontaminasi manis dari dessert tadi.

Our desserts

Oia, untuk harga, semua varian dessert harganya Rp55.000. Untuk Latte harganya Rp30.000 (tapi kami dapet gratis). Jadi, sore itu kami hanya membayar Rp110.000. Hmmm, kemahalan ya hanya untuk dessert sekecil itu, tapi jika dilihat dari bentuknya yang niat banget dibikinnya (ini sih yang harus dihargain) harga segitu worth it kok. Artinya, kita juga harus menghargai kreatifitas yang bikinnya. Yang pasti, mereka pun membuat dessert ini dengan bahan-bahan berkualitas.

Daftar harga Tartlets

Oia, kamu bisa bawa pulang dessert-nya, tapi sayangnya cuma tahan 2 jam di suhu normal. Bener aja, pas aku bawa sisa peach cake-nya, dia mencair donk! Ahahahha! Jadi, aku saranin mending kamu makan dessert-nya di tempat deh.

Ok, actually not a good day when we came to Tartlets. Setidaknya sudah mengobati rasa penasaran aku. Mmmmm, kayaknya ga akan dateng 2x ke PIK Avenue hanya untuk Tartlets deh :D. Mungkin lain waku mau nyoba kuliner lainnya.

Latoe mau cake



We miss you, Ayah


#Juwisfoodystuff


You Might Also Like

0 comments