Our Last Trip This Year, ¡Hola Solo!

August 24, 2019

Soloooo... Ini kali ketiga aku ke Solo. Pertama, kalo gak salah tahun 2009/2010 barengan teman-teman kuliah hunting foto bareng dalam rangka tugas matkul Fotografi. Kedua, tahun 2018 lalu cuma transit sebelum ke Madiun (tapi sempet jajan bakso yang enaaaak banget). Ketiga, tanggal 30 Mei - 1 Juni 2019 lalu buat liburan bareng keluarga sebelum lebaran.

Jadi, sebenarnya liburan ini udah direncanakan jauh-jauh hari. Dulu waktu pulang dari Singapore, berangan-angan pengen liburan terakhir sebelum suami berangkat kuliah. Destinasi yang deket-deket aja. Maka, terpilihlah Solo! Tanya temen yang asli Solo apa destinasi khas sana, eh malah dibilang ga seru Solo mah ceunah :D. Ya udah, kendati demikian kami tetap bertekad ke sana penasaran sama Gudeg Tengah Malam (apa itu?). Nama aslinya sih bukan itu, itu cuma istilah aku aja soalnya gudeg ini legendaris banget dan cuma buka jam 1.30 subuh sampai 7.00 pagi! Seenak apa sih? Herannya lagi sampe antri panjaaaaannggg.. Mmmm, wajib dicoba.

Berhubung kami ke Solo saat Ramadhan, jadi harus agak selow perjalanannya. Tetep harus banyak istirahatnya. Bisa dibilang kami tanpa itinerary yang berarti :D, just let it flow, yang penting jalan-jalan bersama keluarga. Kebetulan kami ke sana bersama mamah mertua, kakak ipar, dan 1 saudara lainnya (total berenam termasuk Latoe).

Kami berangkat dengan berkendara mobil dari Jepara sekitar pukul 09.00-10.00 WIB. Perjalanannya lancar, tanpa ada macet. Sekitar pukul 15.00-16.00 WIB udah sampai di rumah penginapan yang kami pesan di AirBnb tempat kami menginap selama dua malam. Padahal sebelumnya kami berkunjung sejenak di Museum de Colomadoe.

ANINI HOUSE

Dari museum, kami langsung ke rumah penginapan. Beberapa hari sebelumnya, suami pernah ngasih liat foto-fotonya dan aku merasa biasa aja liatnya. Ada ketakutan rumahnya serem, ga enak, kamar mandi kotor, dan takut ga ada fasilitas buat masak air panas (ini yang penting soalnya buat bikin makan dan minum Latoe). Eh ternyata pas nyampe di rumah ini..... WOW! Bagus banget! Rumahnya 2 lantai dan nyaman banget! Asli senyaman ituuuu, lebih nyaman daripada rumah sendiri ahahha. Maksudnya, aku naksir sama firniturenya, penataan furniturenya, dan minimalisnya. Secara ya rumah sendiri mah mesti nyicil perabotan entah sampe kapan. Aaaah pokoknya rapi banget dah ni rumah!

Anini House nampak depan

Ornamen Anini House

Beruntung banget rasanya dapet penginapan enak, bersih, nyaman, murah pula! Harganya? Semalem cuma seharga hotel budget (Rp350.000)! Dapetnya? Fasilitas lengkap sih ini. 2 lantai, 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 dapur. Lengkap dengan handuk, sabun, makanan instan, galon, kulkas, full AC, kipas angin juga ada.. Aaah pokoknya kayak rumah sendiri lah! Enaaaaak banget! Oia, ini namanya Anini House, yang punyanya Pak Edi (browsing aja ya kalo mau tau info lainnya tentang rumah ini di @airbnb).

Suasana dalam rumah

Suasana kamar

Lantai 2

Suasana dapur

Suasana salah satu kamar mandi

Rumah kecil minimalis dilengkapi furnitur jati kayak gini tuh impian banget! Aq sih masih nyicil furnitur jati dikit-dikit di rumah ahahaha. Dilanjut 2 tahun lagi setelah ayahnya beres kuliah aja. Soale rumahnya mau ditinggal lama. Dan pastinya gak akan banyak-banyak juga sih kan rumahnya juga kecil :D. Ah pokoknya semoga suatu saat rumah aku bisa senyaman ini. Aamiin.

Eh langsung ke cerita kulineran aja yuk!

KULINER MALAM SOLO

Buka puasa hari pertama di Solo niatnya makan di luar. Tapi, batalin puasanya tetep di penginapan. Paling enak minum teh anget. Abis sholat maghrib kami langsung cuz nyari baso! Baso Rusuk Palur Bu Sadiyem pilihannya. Tempatnya ga jauh dari penginapan, tepatnya di Jl. Adi Sucipto (sekitaran Hotel Alila). Harganya lupa, padahal ada daftar menu gede di dindingnya tapi gak difoto. Rasanya enak dan aku makan semua rusuknya ampe dikunyah remuk gitu :D.

Baso Rusuk Palur Bu Sadiyem

Dari Bakso Rusuk Palur, kami jalan-jalan ke Alun-alun Keraton Solo. Ada pasar malam yang rame banget! Segala tumplek di sana kayaknya. Dari mulai komedi putar, bianglala, penjual baju, penjual mainan, dan segala kuliner merakyat. Mengenang masa kecil di pasar malam ini mah ceritanya. Rasa-rasanya sudah lama sekali ga ke pasar malam. Jaman masih kecil, di areal sawah deket rumah di Cimahi (sekarang udah dibangun rusunawa) sering banget digelar pasar malam. Dulu seneng banget naik ombak banyu! Terus serem kalo suara di rumah hantu kedengeran ampe rumah. Belum lagi ada atraksi buat ramal meramal. Pasar malam di Solo ga selengkap pasar malam yang ada di ingatan masa kecil aku sih. Tapi, lumayan lah buat hiburan mah.

Suasana Pasar Malam Keraton Solo

Setelah jalan menelusuri para penjual, ada jajanan yang menarik perhatian dan warna-warni. Es Gabus! Ya ampuuunn, es gabus ini jajanan tahun 90-an! Dulu bentuknya kotak kayak kue atau agar-agar. Teksturnya lembut, pas digigit itu rasanya kayak perpaduan kapas dan gabus gitu. Tapi, aku emang dari dulu ga begitu suka, jadinya suami doank yang beli.

Es Gabus

Yang kedua kami beli adalah gurita bakar. Aku sih serem ngebayanginnya. Ga pernah suka gurita karena geli dan gak enak. Lagi, akhirnya suami yang beli. Harganya Rp30.000 seporsi.

Guritta Bakar

Minumannya, aku nyobain Es Jeruk Baby Peras Murni. Abisnya pas liat kayak yang seger gitu. Air jeruknya bener-bener semua dari jeruk baby tanpa tambahan air lagi (cuma dikasih es dikit). Rasanya, manis ga ada kecut-kecutnya. Ya namanya juga jeruk baby emang terkenal manis. Makanya suka direkomendasiin buat diminum bayi.

Udah sih segitu aja yang dibeli di pasar malam. Sisanya Latoe main odong-odong anteng banget ampe gak mau turun :D.

WISATA SOLO

Besokannya, kami sahur sama nasi pecel lele dan ayam yang dibeli semalam sebelumnya. Awalnya mau ke gudeg tengah malam itu, tapi nampaknya kami perlu istirahat abis perjalanan ke Solo kemarin.

Siangnya, kami berkunjung ke Pasar Gede Solo buat beli Es Telasih buat buka puasa. Harganya sebungkus kecil 5 ribuan. Rasanya ternyata enak! Es Telasih ini isinya selasih, bubur sumsum, bubur ketan hitam, cendol/dawet, santan, dan gula merah. Uuuh pokoknya nagih deh!

Dawet Telasih Pasar Gede, Solo

Abis dari Pasar Gede Solo, kami ke Jurug Solo Zoo buat ngajak main Latoe. Tempatnya sepi, entah kepagian atau emang sepi ya. Nampaknya kebun binatang ini kurang terawat. Ditambah lagi banyak renovasi dan pembangunan wahana air, jadinya berdebu banget. Latoe cuma naik mobil wisata ke area burung. Abis itu main ayunan bentar dan pergi lagi.

Suasana Jurug Solo Zoo

Anak kembar

Tujuan selanjutnya, kami berburu kuliner khas Solo lainnya. Yups, Serabi Notosuman. Awalnya kami mengunjungi Serabi Notosuman Ny. Lidia (yang warnanya hijau) yang ternyata serabinya habis! Nyebranglah kami ke Serabi Notosuman Ny. Handayani (yang warnanya orange). Oalah, ternyata sama aja. Ternyata Ny. Handayani ini masih sodaraan sama Ny. Lidia.

Oia, cuma ada 2 rasa serabi di sini yaitu original (santan, berwarna putih) dan rasa coklat. Gurih banget ya rasanya. Sebenarnya udah beberapa kali sih makan serabi ini, jadi rasanya udah ga asing. Dikarenakan lagi bulan puasa jadinya cuma makan serabi pas buka doank soalnya kalo abis sahur suka males ngemil (udah kenyang duluan).

Abis beli serabi, kami berkunjung ke Taman Balekambang buat ngajak main Latoe di alam. Kalo aku sih sebenarnya udah ngantuk banget saat itu, jadi ga begitu antusias. Kalo Latoe mah jangan ditanya :D. Di sini ternyata ada beberapa rusa yang berkeliaran bebas. Tamannya luas, tapi terkesan sepi. Ada kolam besar di tengah-tengahnya dan arena bermain anak.

Taman Balekambang yang sepi

Sore harinya kami sudah pulang ke penginapan lagi. Emang sesantai itu sih di Solo. Kami harus simpan energi karena subuh besoknya mau sahur di luar, di gudeg tengah malam ituuuuu :D. So excited!

GUDEG CEKER BU KASNO MARGOYUDAN

Daaaaan subuh pun tiba. Mata masih sepet tapi harus cepet-cepet berangkat berburu gudeg. Sekitar jam 02.00 WIB kami udah berangkat dari penginapan. Latoe yang masih tidur pun sengaja kami bawa (ya iyalah ga ada orang ntar di penginapan :D).

Sampailah kami di Gudeg Ceker Bu Kasno, Margoyudan, Solo. Itu dia namanya gais si gudeg tengah malam itu! Gudeg ini buka dari jam 01.30 WIB s.d 07.00 WIB. Tapi kayaknya seabisnya deh, ga nyampe jam 7 pagi kalo laku banget gini! Secara kami dateng aja antrian sudah mengular! Seketika ciuuutttt takut lama ngantrinya. Eeeeehh ternyata cepet juga kok ngantrinya, perputarannya cepet. Paling 15 menit lah.

Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Suasana ngantri

Jadi, beberapa bulan sebelum ke sini, suami aku pernah nyerita ada gudeg di Solo yang uuueeenak banget, tapi harus dateng subuh. Haaaah? Seenak apasih? Pikirku waktu itu. Terus aku sempet browsing tentang gudeg ini. Sampailah di channel Youtube-nya Nex Carlos yang mengulas gudeg di Solo yang cuma buka subuh. Hmmmm, karena cuma nonton, jadi ga kebayang gimana rasanya. Diliat-liat sih biasa aja. Apa selera suami aku sama dengan seleraku yang ga begitu suka gudeg?

Akhirnya, gara-gara gudeg ini sampe tercipta Solo trip ini. Penasaran aja sebenarnya sama gudeg legendaris ini. Destinasi lainnya cuma pelengkap aja sih awalnya :D. Direncanakan Bulan Juli, akhirnya dipercepat jadi Bulan Juni pas Ramadhan. Ya gpp, sekalian sahur kan jadinya ga penuh effort.

Suasana makan gudeg ceker

Si ibunya udah sepuh banget, jadi ngelayaninnya agak selow ya gais. Ga lama, makanan kami pun mendarat di tangan. Menu yang disajikan sekarang udah lebih lengkap dibandingkan tahun 2011 ketika suami aku pertama kali ke sana. Dulu cuma ada gudeg sama ceker (makanya namanya gudeg ceker). Sekarang udah ada ayam, telur, juga ati ampela.

Porsinya ga dikit, ga banyak, tapi pas. Harganya rata-rata Rp20.000 tergantung lauk apa yang kamu pilih. Aku pesen gudeg sama ayam. Suami pesen gudeg sama ayam dan ceker. Eh aku kabita pengen ceker juga, akhirnya minta sebiji ke suami :D.

Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Rasanyaaaa? Iya beneran enak kok. Kan kalo kata suami ini enak banget, nah kalo kata aku enak aja. Tapi bener deh, ini cocok di lidah aku yang urang Sunda asli. Aku yang biasanya eneg kalo makan gudeg karena kemanisan, ini enaaaak ampe pengen nambah.. Hihiii tapi harus dikontrol ya makannya, apalagi saat itu lagi sahur (ga boleh kekenyangan). Gudeg ini beda sama gudeg Jogja yang beberapa kali aku makan. Warnanya ga kecoklatan, malah putih pucat.

Siiiippp, kayaknya kalo ke Solo lagi aku bakalan ke Gudeg Ceker Margoyudan ini lagi. Selain makan di tempat, tentunya harus dibungkus juga (jaga-jaga kalo masih laper :D).

Setelah pulang dari gudeg ceker dan istirahat di rumah, kami packing dan siap pulang. Sebelumnya, kami ke Pasar Gede Solo lagi gara-gara keingetan Es Telasih yang enak itu. Akhirnya kami beli untuk dibawa ke Jepara.

Udah deh! Abis itu kami pulang. Di Salatiga, kami mampir untuk beli getuk singkong. Di Semarang pun, kami mampir ke Tahu Bakso Woning (sebenernya lebih familiar sama Tahu Bakso Bu Pudji, tapi kata suami lebih enak yang Woning). Pas udah dicoba di rumah, ya enak-enak aja sih, tapi kayakna lebih suka yang Bu Pudji :D. Ya, masalah selera sih.

Salatiga

Semarang

Tahu Baso Woning

Okay, itulah perjalanan menimbun lemak kami di Solo dan sekitarnya. Alhamdulillah, ga banyak drama. Latoe makannya lebih sering promina Bubur Tim seperti biasanya. Ya gpp lah, yang penting makan. Tunggu di blog liburan kami berikutnya ya, kayaknya tahun depan (2020 ):D