JUALAN CUANKI DI BELANDA

December 24, 2020


Ini tulisan kedua aku tentang Cuanki Bunda, usaha kecil-kecilan yang aku rintis sejak September 2018. Kalian bisa baca lagi gimana awal mulanya aku jualan cuanki di link ini ya :). Excited banget mau nyerita kisah jualan yang ga pernah aku bayangkan sebelumnya. Yups, jualan cuanki di Belanda!


Setelah sebelumnya aku jualan Cuanki Bunda instan di kantor dengan koneksi pertemanan, sampai nitip jualan aku di kantin kantor (biar para pegawai bisa merasakan istirahat makan cuanki hihii), kini Cuanki Bunda lagi ada di tahap ganti konsep. Entah bakalan sementara atau ke depannya sesudah kembali ke Indonesia bakalan pakai konsep ini atau tidak, belum diputuskan sih. Yang jelas, Cuanki Bunda Jilid II ini lebih fresh dan homemade. Iya, aku bikin sendiri dari nol semua komponen yang ada di dalamnya.

Sebenarnya udah diniatin sejak dateng ke Belanda buat jualan, cuma belum ditentukan jualan apa. Dari mulai Spicy Wings sampe Cireng Salju Bumbu Rujak. Tapi, semuanya belom ada yang sreg. Biasa lah, selalu maju mundur, ga pede, "Apa ini layak dijual?", "Orang-orang bakalan suka ga ya?", dan sejuta pertanyaan lainnya :D.

Suatu malam (2 minggu sebelum mulai jualan) waktu lagi Youtube-an, kayak dapet "ilham" buat nerusin jualan cuanki. Padahal belum pernah bikin sendiri sebelumnya. Secara ya dulu aku beli cuanki dari pihak ketiga dan aku yang nentuin bumbu sesuai selera aku untuk dijual. Sekarang, semua harus bikin sendiri dari nol. Effort banget ya ahahah. Kebetulan nemu resep cuankinya dari A sampe Z hasil browsing-an. 

Kalo Cuanki Bunda versi awal itu hanya terdiri dari siomay dan tahu, sekarang lebih lengkap! Siomay dan tahu tetep ada, ditambah cuanki lidah (cireng ikan) dan baso! Yeeaaay! Akhirnya kesampean juga dikasih baso. Soalnya dulu aku sama suami sempet berunding soal harga Cuanki Bunda plus baso ahahahha. 

Cuanki Bunda versi di Indonesia

Cuanki Bunda versi di Belanda

Aku udah siap-siap nyicil bikin cuanki bahkan sebelum order dibuka loh! Sejak awal memang sudah diniatin bikin 30 porsi, terus mundur jadi 20 porsi karena mikir pasti bakalan cape banget. Eh, tiba-tiba pas berhasil bikin cuanki lidah sebanyak 30 porsi, akhirnya aku tetap maju buat jualan 30 porsi.

Asal kalian tau guys, aku bikin 30 porsi Cuanki Bunda selama 3 hari loh! Ahahaha. Secara ya, aku kan sambil ngasuh anak dan ngerjain kerjaan rumah tangga lainnya, jadi ga bisa fokus terus menerus bikin cuanki. Mana hari Senin dan Selasa malam itu ada Spanish Course, jadi banyak distraction-nya wkwkw. Nah, dari hari Selasa aku mulai belanja bahan-bahan. Di hari pertama ini, aku berhasil bikin cuanki lidahnya. Walaupun ada yang gagalnya guys, karena aku gorengnya kebanyakan terus buru-buru ngaduknya. Alhasil cuanki lidahnya pecah deh :(. Gapapa, kegagalan kan jadi pelajaran. Adonan berikutnya alhamdulillah lebih baik kok.


Hari Rabu, aku harus selesaikan semuanya. Soalnya hari ini rencananya kami buka PO. Pagi-pagi pas suami sudah berangkat ke kampus, aku bikin tahu aci ikannya. Ga ada kendala berarti sih kalo bikin tahu acinya. 

Begitupun dengan bikin siomay-nya, semua lancar. Cuma pegel bangeeeetttt harus bikin ratusan siomay wkwkwk. Belom lagi harus berdiri lama ngegoreng semua komponennya. Soalnya salah satu tungku kompor listrik aku tuh tiba-tiba mati seminggu sebelumnya (ada-ada aja masalah udah niat jualan tuh hihii). Jadi, aku bertahan dengan satu tungku aja guys. Tapi, harus tetep semangaaat donk :). Jangan biarkan kendala teknis sebagai penghambat jualan.

Siomay kecil

Tahu aci kecil

Lanjut bikin baso! Dikarenakan sudah latihan beberapa kali bikin baso, alhamdulillah ga ada kendala. Cuma agak rempong sama blender yang aku punya. Secara aku ga punya food processor ya, jadi ngegiling adonan basonya bertahap beberapa kali.

Masuk ke bagian bikin bumbu. Semua lancar. Tapi, pas malem-malem packaging itu kekurangan bumbu buat 5 porsi. Akhirnya bikin lagi lah bumbu kuningnya (alhamdulillah bahan masih ada). Eeeeh kok ya hasilnya ga sesuai harapan, yang satu kepahitan, yang satu gosong. Sampe aku kehabisan bahan malam itu. Akhirnya bikin bumbunya diterusin hari berikutnya deh karena sudah kecapean dan ga fokus.

RABU, 2 DESEMBER 2020
SAATNYA OPEN ORDER!

Nah, sehari sebelumnya aku berhasil bikin e-flyer Cuanki Bunda buat di-share di grup WhatsApp khusus jualan, yaitu Depot Indonesia. Jadi, grup ini isinya warga Indonesia di Wageningen. Siapapun bisa jualan masakan mereka atau apapun di sini. Seru kan? Dengan adanya grup ini, dapat mengobati rasa kangen orang Indonesia akan kuliner nusantara.

E-Flyer Cuanki Bunda


Pukul 11.00 CET, suami share e-flyer-nya di grup. Waaah, ga nyangka pada antusias, sampai ada yang ga kebagian hihii maaf ya.

Oia, satu porsi cuanki ini kami jual seharga €3,50. Harga yang bisa dibilang cukup lah ya, ga kemahalan dan ga terlalu murah. Soalnya, kadang yang jualan mematok harga €4 ke atas, tergantung jenis makanannya sih.


Memang cuanki yang aku bikin belum sempurna, tapi tetep harus berani jualan untuk tau respon pasar. Capek banget sih iya, tapi aku tuh excited dan penasaran aja gitu. Apa mereka suka cuankinya like I do?

KAMIS, 3 DESEMBER 2020
COD-AN TIME!

Alhamdulillah hari ini jualannya siap disebar kepada para pembeli :). Suami yang giliran COD-an di kampus dan aku juga standby di rumah buat beberapa orang yang memang mau ngambil di rumah. Deg-degan sih sama respon mereka. Semoga aja positif ya, biar tambah semangat jualannya.

Hasil produksi Cuanki Bunda (30 porsi pertama)


Cuanki Bunda pas banget menemani dinginnya winter kayak gini ❄. Bismillah, semoga usaha baru ini berkah. Selain nambah pemasukan, juga cuanki bisa go international! Yeeaaaay!!

Eits, ternyata di Bulan Desember 2020 aku bisa jualan cuanki sampe 2 batch!

SENIN, 14 DESEMBER 2020
OPEN ORDER SECOND BATCH

Sebenarnya, ini dadakan sih. Masih capek gitu.. Tapi, ternyata teman-teman suami banyak yang nanyain "kapan jualan lagi?". Jadi, akhirnya aku putuskan jualan lagi jeda 10 hari dari jualan yang pertama. Di jualan kedua ini tekanannya ternyata lebih tinggi. Setelah kesuksesan batch pertama, muncul perasaan takut di batch kedua ini. Takut rasanya beda, ukurannya beda, teksturnya beda, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Tapi, yang jelas aku belajar dari batch pertama. Ada beberapa komponen dan cara masak yang aku ubah agar hasilnya lebih baik. Hasilnya, proses pembuatan cuanki berjalan lancar, minim kendala. Manajemen waktu juga sudah baik, di mana aku sengaja mengambil jadwal masak weekend saat suami ada di rumah agar Latoe ada yang ngajak main. Aku pun ga grudak-gruduk lagi masaknya. Lebih santai, kalo capek istirahat dulu, jualan sesiapnya kalo cuanki sudah selesai.


Nah, saat PO dibuka di grup WhatsApp Depot Indonesia, waaaah ternyata antusias pelanggan masih sama. Bahkan, kali ini 30 porsi Cuanki Bunda habis dalam 15 menit ajaaaa hihii alhamdulillah.. Bahkan sudah ada beberapa orang yang berinisiatif buat list untuk next order (padahal belum tau kapan jualan cuanki lagi).

SELASA, 15 DESEMBER 2020
CUANKI BUNDA SIAP DISEBAR KE PEMBELI

Alhamdulillah semua lancar, cuanki sudah diberikan kepada pembeli. Padahal, malam sebelumnya ada berita buruk tentang Hard Lockdown yang berlaku di Belanda sampai tanggal 19 Januari 2021. Yaaaaaah, ga bisa jalan-jalan deh, padahal sebelumnya udah punya rencana Christmas Holiday. Terpaksa ditunda. Tapi, pasti ada hikmah dari lockdown ini. Mungkin ini saatnya untuk aku bereksperimen dengan masakan lain untuk dijual :). 

Semoga tahun 2021 mendatang, Cuanki Bunda masih meroket di Wageningen, Belanda. Juga, aku bisa dapat inspirasi makanan lain untuk dijual yang disukai warga Indonesia di sini. Aamiin :)

Cuanki Bunda 2018 (Indonesia)

Cuanki Bunda 2020 (Belanda)

Thanks December 2020, for the first 60 portions of Cuanki Bunda!


#CuankiBunda
#CuankiDiBelanda
#CuankiGoInternational
#Juwisfoodystuff

You Might Also Like

0 comments