WHAT'S IN MY KITCHEN IN THE NETHERLANDS?

December 09, 2021


Udah setengah tahun lebih nih ga nulis di blog. Padahal udah hampir tiga bulan kembali ke Indonesia. Sampe kelupaan kalo masih banyak cerita tentang Belanda dan Eropa secara umum yang belum sempat aku tulis.

Beberapa bulan lalu aku udah pernah nulis tentang daily routine product aku selama di Belanda. Nah, sekarang giliran produk makanan apa aja sih yang ada di dapur mungil aku di sana dulu? Iseng aja sih pengen ngasih tau kalian, just in case ada yang penasaran seperti apa produk makanan yang dijual di Belanda.

Desclaimer dulu nih, produk makanan yang aku tampilkan hanya yang aku pakai saat sesi pemotretan berlangsung ya. Pada kenyataannya aku ganti-ganti produk juga sesuai kebutuhan masak aku di dapur. Tapi, intinya ya sama aja sih. Untuk masalah harga, udah agak lupa ya harga pastinya. Jadi, yang aku sebutkan hanya kisaran aja ;)

Langsung aja ya kita bahas! Kita mulai dari bumbu dapur.

REMPAH-REMPAH a.k.a KRUIDEN


Kruiden/spices/rempah-rempah

Rempah-rempah dapur kayak gini itu di sana penyelamat banget emak-emak Indonesia yang pengen tetap menyajikan masakan tanah air. Sebenarnya ada sih bentukan aslinya, cuma menurut aku yang sambil ngasuh anak dan mesti masak cepat, udah paling bener pake rempah bubuk. Ini bahan-bahan yang aku beli di Zamzam Markt Wageningen (yang punya konon keturunan Maroko-Belanda). Dari mulai gember/jahe, curcuma/kunyit, koriander/ketumbar, kaneel/kayu manis, sampe komijn/jinten (kalo ini bentuk utuh). Harganya sekitar  €2,5 -  €3,75 per botol sesuai jenis rempahnya. Iya mahal, maklum bahannya aja kan impor.

Kruiden/spices/rempah-rempah

Foto di atas ini juga masih sama. Ada cardamom/kapulaga, kruidnagel/cengkeh, steranijs/bunga lawang, kentjoer/kencur, dan kemerienoten/kemiri. Eh ikut nongkrong juga tuh ebi kering hihii gapapa ya.  Semua bahan ini belinya di Toko Indrani, salah satu toko yang menjual bahan Asia juga di Wageningen selain Zamzam Markt. Harganya lebih murah karena memang isinya lebih sedikit. Kalo ga salah €0,90 -  €2 lah ya sewadah kecil itu.

Kruiden/spices/rempah-rempah

Nah, kadang aku juga beli rempah lainnya di supermarket lokal, seperti Lidl, Aldi, Jan Linders, sampai Amazing Oriental. Ada knoflook/bawang putih, witte peper/lada putih, dan laos/galanga/lengkuas yang ada di foto ya.

Koriander heel/ketumbar utuh

Nah, aku juga sering banget beli di salah satu toko keturunan Turki di sana (kayaknya sih cmiiw), namanya Ivan Market. Beli daging atau ayam udah pasti halal ya (sama kayak Zamzam). Aq juga kadang beli ketumbar utuh atau koriander heel ini buat bikin dendeng daging sapi manis.

BUMBU DAN SAUS


Saus sambal, minyak wijen, dan minyak ikan


Kecap, saus tiram, kecap asin

Banyak kok produk Indonesia yang dijual di sini. Mau saus sambal dan kecap ABC, Belibis, Bango adaaaa jangan khawatir ahahahah. Cuma ya harganya mahal ya. Produk saus sambal, minyak wijen, minyak ikan, kecap, saus tiram, dan kecap asin yang aku pakai di Belanda ga jauh beda lah sama yang ada di Indonesia. Harganya lupa ahahha. Pokoknya semuanya masih di bawah €5.

Currysaus

Duh, ini mah favorit kami banget! Walaupun namanya curry/kari, tapi rasanya ga kayak kari gitu loh. Perpaduan saus tomat sama madu gitu deh kayaknya, enak! Manis gurih. Banyak merek currysaus kayak gini, tapi yang Oliehoorn ini paling enak menurut kami. Suami aku yang awalnya "ngeracunin" ini saus hihii. Enak buat dijadiin saus tambahan chicken wings. Harga varian botol yang besar banget kalo ga salah di atas €6 deh.

SAYUR, BUAH, DAN PRODUK HEWANI


Aku kasih liat sekilas aja ya kira-kira begini produk-produknya.

Cabe rawit

Cabe rawit favoritku harganya sekitar €3,50 di Ivan Market.

Bawang merah

Bawang merah yang bentuknya besar ini harganya sekitar €0,60 di Aldi.

Champignon dan ikan asap isi 3 pcs @Lidl

Bahan-bahan lainnya

Nah, biasanya aku juga beli sayuran di open market yang buka setiap hari Rabu dan Sabtu. Sisanya seperti biasa, kalau ga beli di Zamzam Markt, ya di Ivan Market atau Toko Indrani. Seperti tempe yang harganya kalo ga salah sekitar €1,50.

Kisaran harganya

Beberapa beli di Open Market Rabu dan Sabtu



Ada Indomie kok

Buah beku buat smoothies

Telur

Nah, untuk telur harganya sekitar €3,50 untuk 30 butir ini.

Aneka susu


Nah, untuk susu, Latoe minumnya full milk, harganya paling €1 per 1 liter (bahkan ada yang di bawah €1 juga). Kalo aku udah pasti Oatly yang volle haver/full oat. Enaaaak banget! Harganya sekitar €1,85 aja untuk 1 liter.

KARBOHIDRAT


Roti gandum tawar

Semenjak tinggal di Belanda, aku jadi ikut-ikutan sering makan roti loh ahahaha! Udah gitu harganya murah donk, secara ladang gandum di mana-mana ya kalo di sini. Untuk 1 plastik roti ukuran jumbo gini dijual kisaran €0,79 - €2,50. Tergantung rotinya sih, kalo dikasih tambahan kismis atau coklat biasanya lebih mahal. Kalo aku sih suka belinya produk Lidl yang harganya €1,65. Puleeeeen banget. Di foto atas kebetulan aku lagi beli produk roti gandumnya Jumbo Supermarket. Harganya €1 ajaaa.

Beras pandan dan Basmati

Quinoa

Untuk beras, kami seringnya beli produk Lidl varian beras pandan dan beras basmati. Masaknya aku campur, biasanya 2:1 gitu. Hasil teksturnya lebih bagus loh, coba deh! Soalnya kalo masak beras pandan doank kayak kepulenan, terus kalo masak basmati doank kan agak misah-misah berasnya. Harga berasnya kalo ga salah €1,65 sekilonya. Nah, kadang-kadang juga aku beli quinoa khusus buat aku makan pengganti beras. Harganya sekitar €4 - €5 di Holland & Barrett. Biasanya dapet diskon kalo beli 3.



Pecinta aci-acian merapaaat ahahaha. Nah, ini dia senjata aku kalo lagi pengen makan cuanki, dimsum, ayam geprek, batagor, pempek, dan sebagainya. Lumayan gampang kok buat beli tepung sagu, tapioka, tepung beras, dan tepung ketan. Biasanya aku beli di Toko Indrani, harganya kisaran €1,50 - €2. Kalo tepung maizena, tepung roti, sama terigu, biasanya beli di Lidl atau Aldi.

PRODUK LAINNYA


Gula Jawa dan Aren

Bawang goreng

Chia seed dan biji bunga matahari

Selai kacang dan meses

Teh herbal

Teh herbal

Balletjes dan Kroketten




Ya, intinya begitu lah guys. Selain belanja di Wageningen, kadang aku juga ke toko Asia yang ada di kota lain, seperti Asian Toko di Ede, Amazing Oriental di Nijmegen atau toko Asia lainnya di Amersfoort. Untuk lebih jelasnya aku kasih link video di YouTube aku (silakan mampir kakak :p)  tentang groceries shopping ya.

Anyway, makasih udah mampir ke blog aku dan setia membaca kisah aku di Belanda (yang sampai sekarang masih aja aku kangenin). Dadaaaah semuanya! :)






You Might Also Like

0 comments