Traveling With Toddler [Singapore Trip Part 01]

March 01, 2019

Tipe traveling tiap orang itu beda-beda ya. Ada yang ga mau penuh effort dengan terima jadi perjalanannya diatur oleh tour agent, sampe yang niat banget bikin itinerary sendiri sampe detail! Nah, aku termasuk tipe yang ke dua. Lebih senang mengatur perjalanan sendiri sesuai keinginan hati. Traveling tanpa tour agent menurut kami lebih bisa mengatur waktu. Kalo lagi semangat explore ya lanjut, kalo lagi capek ya istirahat. Semua fleksibel, ga diburu waktu. Tapi semua kembali lagi ke kitanya. Bisa jadi traveling bersama tour agent itu biar kita ga ribet ini itu. Nah, pada Singapore trip ini aku berhasil diribetin sama suami ahahaha, soalnya kebagian giliran bikin itinerary! Suami udah kebagian saat babymoon ke Malaysia dan Vietnam 2 tahun lalu.

@Gardens by the Bay

Awalnya bingung mau bikin trip ini kayak gimana, terlebih bawa Latoe. Senengnya Singapore itu sempit dan terintegrasi MRT, jadinya akses bakalan lebih cepet pikirku. Setelah nemu akun Singapore Guide Book di instagram, langsung deh mulai merangkai itinerary untuk 4 hari di Singapore dari tanggal 13 - 16 Februari 2019. Semua mainstream kayak tujuan orang-orang :D (lagian bingung Singapore terkesan gitu-gitu aja). Nah, ini dia itinerary awal yang aku buat.

Singapore Trip Itinerary Day 1

Singapore Trip Itinerary Day 2
Singapore Trip Itinerary Day 3
Singapore Trip Itinerary Day 4

Namanya juga manusia hanya bisa berencana, tapi kondisi dan situasi di lapangan lah yang menentukan. Itinerary tersebut gak semuanya sesuai, pastinya ada perubahan dengan mempertimbangkan faktor kondisi badan (yang kadang udah capek), atau faktor Latoe yang ga bisa main di luar sampai malam. Semua fleksibel, ada ide apa ketika di lapangan ya ayo (tapi mostly sesuai itinerary kok, paling jamnya yang bergeser).

@Flower Dome

Jadi, bawa toddler atau anak kecil saat traveling itu sungguh amazing! Jadinya kami sebagai orang tua harus sudah mempersiapkan fisik dan mental sebelum keberangkatan. Aku sendiri mulai awal tahun 2019 sudah bertekad senam 2x seminggu (yang biasanya cuma 1x seminggu) biar kuat momong Latoe yang udah banyak tingkah dan beraaaaat banget kalo digendong! Pokoknya banyak-banyak olahraga deh sebelum traveling with toddler :D. Untung ke Singapore-nya ga cuma bertiga, tapi berlima! Aku, suami, Latoe, adikku, dan kakak iparku. Jadi ada yang bantuin momong.


Jalan-jalan sekeluarga besar :D @Singapore Visitor Centre

Nah, kalo cara melatih mental sih dengan sering-sering bawa Latoe jalan-jalan. Ini yang lagi kami biasakan, baik buat Latoe sendiri maupun buat ortunya. Soalnya Insya Allah kami juga bakalan pergi jauh tahun depan, jadi harus banyak latihan traveling ke yang deket dulu barengan Latoe. Untung dari kecil Latoe udah lumayan terbiasa bepergian walopun cuma ke Jepara, Bandung, Cimahi, dan sekitarnya. Banyak pembelajaran di setiap trip-nya. Walopun kadang harus sering-sering ngelus dada a.k.a bersabar ya ngadepin anak yang aktifnya minta ampun.


@Flower Dome

Paling rempong lagi masalah makannya. Latoe itu tipe anak yang kalo makan harus sambil jalan-jalan di stroller ato sepedanya (tempat duduk makannya ga kepake :D). Comfort food Latoe waktu di Singapore itu Promina Bubur Tim! Iyaaa, untung udah nyetok 8 bungkus! Kadang suka mikir, dia makan 1 bungkus Promina Bubur Tim kenyang ga yaa. Tapi, ya udah lah yang penting anaknya mau makan daripada ngga sama sekali. Sisanya dia mau makan nasi goreng. Pokoknya harus sambil diajak keliling. Dan 1 lagi, dia mau makan kalo makanannya anget. Pokoknya bocah satu ini mah banyak gaya. 


@Changi Airport


@Stasiun MRT Aljunied
@Makan Corner Geylang

Dulu waktu jalan-jalan ke Yogyakarta hanya bawa bekel abon buat Latoe. Makannya ditambah lauk dan sayur yang disediakan di homestay. Ya gitu, namanya anak kan kadang moody ya ga mau makan, tapi giliran main on terus gak ada capeknya (heran tenaganya dateng dari mana). 

Overall, Latoe anaknya seneng-seneng aja jalan-jalan. Kalo rewel sih pasti ada ya, misalnya minta digendong atau pengen lepas dari stroller-nya biar bisa lari-lari bebas. Malah bundanya yang kadang kecapean liat tingkah Latoe (baperan juga kalo anak ga mau makan).

Oia, barang bawaan Latoe sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya (wajib bikin list kalo ga mau ada yang ketinggalan!). Untuk Singapore trip ini, disiapkan 3 baju untuk 1 hari terlepas dari kepake atau ngganya di lapangan. Itu sudah termasuk baju tidur ya. Jadi, untuk 4 hari trip itu bawa baju sekitar 12 pcs. Ngga lupa peralatan mandi dan printilannya ya seperti minyak telon, bedak, salep gatel, sisir, dll. Obat-obatan yang paling penting! Kali ini hanya bawa obat merek Baby's Cough Syrup. Soalnya Latoe paling cocok sama obat itu. Murah pula loh harganya :D.

Oia, kami juga bawa stroller yang dipake Latoe kemana-mana selama di sana. Secara ya kalo ga bawa bisa copot pinggang emak! Sebenarnya stroller ini bukan jenis ringan, kecil, dan cabin size. Tapi ya berhubung ga ada lagi ya dipake aja.

@Cloud Forest
@Kampong Glam

@Wizarding World of Harry Potter, Changi Airport

Untuk makanan Latoe, seperti yang sudah disebutkan di atas hanya bawa 8 bungkus Promina Bubur Tim plus susu. Itu pun awalnya cuma buat jaga-jaga in case Latoe ga mau makan. Ga bawa apa-apa lagi soalnya Latoe udah gede jadinya udah bisa makan makanan orang dewasa (walopun dia masih pilih-pilih juga). Peralatan makannya hanya bawa 1 buah Lock n Lock kecil, 2 sendok makan, 2 botol susu, dan 1 botol minum air putih. Ga lupa bawa spons dan sabun pencuci botol.

Bawaan Latoe untuk 4 hari di Singapore dirasa lebih sedikit dan ga serempong waktu kami jalan-jalan ke Yogyakarta. Padahal kami ga bawa stroller. Memang dulu itu cuma bawa koper kecil buat bertiga plus 1 tas bayi buat peralatan Latoe (ke Singapore bawa 2 koper besar buat 5 orang), jadinya mungkin semua serba ribet. Kembali lagi, setiap trip adalah pembelajaran. Termasuk masalah packing barang Latoe.

@Changi Airport with 2 big luggages

Selama di Singapore nyaman banget bawa anak pake stroller! Apalagi kami naik turun MRT dan jalan kaki belasan kilometer! Dorong-dorong Latoe ga penuh effort soalnya pedestriannya ramah buat kaum disabilitas. Kalo di Jakarta pernah juga sih bawa Latoe jalan-jalan pake stroller. Alhasil, kami capek angkat naik turun stroller Latoe di setiap ujung pedestrian atau persimpangan jalan. Ya, semoga Indonesia lebih aware lagi ya masalah ramah disabilitas.

@Stasiun MRT Somerset

Oke kembali lagi ke Singapore. Stasiun MRT Singapore juga ramah disabilitas. Lift sangat mudah didapatkan, petunjuk arah jelas, transit dari 1 line MRT ke line lainnya gampang, kereta datengnya cepet (selang 3-5 menit sekali), dan yang paling penting ga pernah penuh kayak KRL di Jakarta :D jadi Latoe pun nyaman naik MRT. Pokoknya di sana itu bikin mikir, "seandainya Jakarta kayak gini, orang-orang ga bakalan stress di jalan dari dan menuju tempat kerja".

@Stasiun MRT Little India
@Stasiun MRT Little India

@Stasiun MRT Jalan Besar

@Stasiun MRT Jalan Besar

@MRT

Pokoknya jalan-jalan bareng anak itu jadwalnya jangan padet, harus selow, jangan terburu-buru. Dinikmati aja. Kemarin agak salah sih bikin itinerary-nya: agak padet dan ada yang jadwalnya sampe malem. Langsung kami ubah di lapangan pastinya.

Kami sangat menikmati jalan-jalan bersama anak di Singapore. Terlepas dari badan dan kaki pegel-pegel karena jalan terus ya :D. Seneng bisa ngasih kebiasaan secara perlahan ke anak untuk bisa explore dunia nantinya. Walaupun Latoe belum bisa inget memori ini, tapi seiring bertambahnya usia dia pun bakalan tau. Nanti pas Latoe udah gede dan udah ngerti, Insya Allah bakalan terus traveling bareng. Aamiin. Oia, sneak peek nih, abis ke Singapore ini Latoe bakalan jalan-jalan lagi sama ayah dan bundanya abis lebaran. Mau tau kemana? Masih rahasia ya :D.

@Changi Airport


#SingaporeTrip
#Juwisfoodystuff
#LatoeTheExplorer

You Might Also Like

1 comments

  1. Your holiday experience in Singapore with toddlers is very interesting and very fun. Thank you for sharing your vacation experiences and knowledge. theapartmentsubud.com

    ReplyDelete