NAIK KANO DI KANAL VEENENDAAL, BELANDA

September 25, 2020


Dua hari setelah explore Rotterdam dan Delft, tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2020, kami kembali jalan-jalan! Ahahaha padahal kami kecapean banget loh setelah tur sepakbola itu. Tapi, di sisi lain aku excited banget ga sabar mau coba sesuatu yang baru! Apa itu?


YAAASSS! CANOEING!!


Ini hal yang wajib dicoba kalo di Belanda. Secara ya, mereka punya ribuan kilometer kanal! Pilihan tempatnya pun banyak. Tapi, yang kami pilih adalaaaaaah.. VEENENDAAL! Kenapa? Pertama, tempatnya ngga terlalu rame kayak Giethoorn yang touristy banget. Kedua, suami udah pernah ke sini. Ketiga, tempatnya ga terlalu jauh dari Wageningen. Jadi, untuk sampe Veenendaal ga usah naik bus guys, cukup dengan sepedaan! Jarak dari Wageningen sekitar 10 km sih sekali jalan, cukup dekat buat yang udah terbiasa sepedaan. Tapi.... Ikuti terus ceritanya ya :)


Pertama kali diajak suami sepedaan ke sini sih udah mikir pasti bakalan capek banget, secara aku belum terbiasa naik sepeda jarak jauh. Tapi, sebelum misi sepedaan ke luar kota ini, aku memang sebelumnya dilatih buat sepedaan dengan jarak bertahap, dari jarak dekat, lama-lama jarak jauh. Tetep aja mendekati hari H jujur deg-degan banget! Hihii.


Jadi, kami menggunakan jasa kano dari Kano Verhuur Veenendaal dan sudah booking melalui e-mail beberapa hari sebelumnya dengan biaya €9 per jam untuk pukul 14.30 LT. Setelah makan siang atau 2 jam sebelumnya kami berangkat dari rumah. Ga lupa perbekalan pun sudah disiapkan (soalnya mau piknik seperti biasa!).


Ayooo berangkaaaat!!

Mi amigo nuevo, bicicleta :)


Walaupun jaraknya dekat cuma 10 km, tapi siang itu anginnya lagi kenceng banget. Kami pun harus melawan arah angin sehingga sepedaan pun jadi beraaaat banget. Untungnya pemandangannya bagus! Kami melewati perkebunan luas yang asri :)




Melewati perkebunan yang asri

Tips dari aku buat yang belum terbiasa sepedaan jarak jauh: Jangan terlalu memaksakan! Kalo memang lagi capek ya berhenti sebentar aja buat sekedar minum dan meluruskan kaki. Alhamdulillah, suami pun selalu nungguin kalo aku sepedaannya melambat dan ketinggalan di belakang gara-gara capek :). Tapi, begitu nemu turunan, waaaaah senengnya bukan main! Bisa meluncur dan istirahat gowes sejenak. Rata-rata sih track sepeda di Belanda ini datar, jadi ramah banget buat pesepeda.


Waaaah, kami sudah tiba di Veenendaal nih yang ditandai dengan plang besarnya. Udah keliatan kanal-kanalnya kok dari perbatasannya. Makin excited nih!






Gowes bentar, tibalah kami di Kano Verhuur Veenendaal. Tempatnya sepi, cuma ada kami bertiga loh! Mungkin karena saat itu hari Senin dan liburan musim panas sudah berakhir ya. Justru yang gini yang kami suka, ga rame, apalagi di jaman pandemi gini.





Suasana Kano Verhuur Veenendaal

Kami langsung konfirmasi booking ke pengurusnya dan langsung dikasih peralatan kano, seperti life vest (buat aku dan Latoe yang ga bisa renang), dayung, dan tas anti air.


Peralatan "tempur" :D

Kami pun langsung meluncur ke dermaga kanalnya dengan beberapa kano yang bersandar di pinggirnya.


Siap-siap berkano ria


Pake life vest dulu ya



Deg-degan sih, takut terjungkir ahahaha soalnya kano kan tipis banget ya, apalagi kami bertiga ini. Tapi, setelah mulai mendayung, asik juga! Suami sih yang mendayung, aku sebagai tim dokumentasi aja hihii.



Suasana kanal yang bersih

Ayo dayung teruuuuss!



Kanalnya bersih, kecil, dan sepi. Di sepanjang pinggir kanal berjejer rumah-rumah warga yang baguuuuusss banget! Jadi pengen punya rumah kayak gitu deh :). Oia, kanalnya kayak beneran milik sendiri loh ini, soalnya cuma ada kami bertiga! :D


Rumah pinggir kanal yang indah :)





Anginnya masih kencang dari arah pinggir kano. Jadi, kami harus menahan kano biar ga nabrak pinggir kanal. Eh tapi, kami sempet beberapa kali nabrak bahkan sempat masuk ke pepohonan yang menjuntai dan penuh semak-semak loh! Ahahahah, seru juga sih, Latoe malah ampe ketawa pas kami nyungsep wkwkwk.




Dikarenakan kami hanya menyewa kano satu jam, jadi satu arah harus sekitar 30 menit, lalu kembali lagi. Ya, walaupun cuma sebentar, setidaknya ini jadi pengalaman yang tak terlupakan!


Kami sampai lagi di dermaga tadi. Setelah mengembalikan peralatan, kami bergegas pulang dan bersepeda lagi.


Mengembalikan peralatan kano

Siap bersepeda lagi!


Rencananya sih pengen sepedaan dulu di Veenendaal sambil cari taman bermain dan piknik. Eh malah salah, taman yang dituju ternyata taman area olahraga gitu yang bukan untuk umum hihii. Jadinya kami terus bersepeda dan nemu pinggir danau yang lumayan bagus buat piknik. 


Yuk, ngemil sore!




Piknik pinggir danau :)


Setelah kenyang, kami sepedaan pulang! Nah, pulangnya ini suami ngambil rute yang berbeda dengan rute sebelumnya. Muter guys! Kenapa? Karena kami berencana mengunjungi teman di Bennekom, jadi kami bersepeda dengan jarak 18 km untuk sampai rumah lagi dengan rute Veenendaal-Ede-Bennekom-Wageningen!


Ini pengalaman yang benar-benar AMAZING sih! Dari mulai naik kano "sendirian" di kanal, sampai sepedaan dengan total 28 km PP!! Gila sih, aku yang bukan pesepeda gini bisa nyampe 28 km!! Tapi, memang bersepeda di Belanda ini nyamaaaaan banget. Walaupun capek, tapi aku lumayan enjoy dan malah ketagihan sepedaan jarak jauh :) (nanti aku ceritain di blog selanjutnya tentang sepedaan lagi yang kadang menemukan hal unik tak terduga di jalan).


Makasih ya udah baca blog aku, nantikan cerita-cerita seru lainnya :)

See ya!


#JuwitaEuropeTrip

#JuwitaInNetherlands

#EuropeTrip

#Juwisfoodystuff










You Might Also Like

0 comments